Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng Wonosobo – Dengan julukan negeri diatas awan, Dieng merupakan daerah dataran tinggi yang terletak di Jawa Tengah, masih termasuk wilayah Kab. Banjarnegara dan Kab. Wonosobo. Lokasinya di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro serta Gunung Sumbing. Dieng Plateau menyuguhkan banyak obyek atau tempat wisata untuk melihat matahari terbit (Sunrise), mulai dari Golden Sunrise di Sikunir, Sunrise Gardu Pandang, Sunrise Pakuwaja, Silver Sunrise di Kompleks Candi Arjuna Dieng hingga Sunrise Menakjubkan di Gunung Prau.

Di sini Anda akan mendapatkan liburan paling bergensi dengan mengunjungi sisa-sisa peradaban dan kejayaan Dieng Plateau dimasa lampau, menelisik tempat-tempat wisata terindah yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Dieng menawarkan segalanya dengan fasilitas terbaik dikelasnya. Temukan pilihan terbaik dari memilih paket wisata, hotel atau penginapan jika Anda hendak berlibur ke Dieng.

Dieng dengan segala fenomena alam dan budayanya menjadikan siapapun yang berlibur ke Dieng akan merasa decak kagum, semakin dekat dan semakin menyatu dengan alam. Gabungan antara keindahan panorama alam dan keagungan budaya sisa peninggalan masa lalu menjadikan Dieng memiliki nilai tambah tersendiri dibanding dengan objek wisata lain, banyak traveller yang telah mengunjungi berbagai tempat wisata diseluruh pelosok Indonesia, dan jarang ada yang seperti Dieng terlebih lagi dalam soal jarak, tempuh antar obyek, hampir semua obyek wisata yang ada di Dieng saling berdekatan dengan wilayah porosnya.

Tempat atau Obyek Wisata Di Dieng

Berburu Golden Sunrise di Bukit Sikunir.

Wisata Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Wisata Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Menyibak fenomena alam, semburan kawah Sikidang.

Wisata Kawah Sikidang Dieng

Wisata Kawah Sikidang Dieng

Menyaksikan dokementer di Dieng Plateau Theater.

Wisata Dieng Plateau Theater

Wisata Dieng Plateau Theater

Menikmati pesona telaga warna dan telaga pengilon di Bukit Sidengkeng.

Wisata Telaga Warna Dieng

Wisata Telaga Warna Dieng

Menjelajah peninggalan situs purbakala Candi Hindu tertua di Pulau Jawa.

Objek Candi Arjuna Dieng

Objek Candi Arjuna Dieng

Melihat anak-anak berambut gimbal, yang disebut-sebut sebagai titisan Kyai Kolodete.

Budaya Potong Rambut Dimbal di Dieng

Budaya Potong Rambut Dimbal di Dieng

Daftar Hotel atau Penginapan di Dieng

Homestay di Dieng Plateau membuat benar-benar nyaman, sebuah penginapan ala keluarga yang membuat pengalaman paling berkesan, malam hari menghangatkan diperapian (tungku api) lalu menikmati kentang rebus dan teh panas. Dieng menyajikan lebih dari 27 hotel murah hingga hotel bintang di dekat Dieng Plateau, Homestay serta rumah sewa harian di Dieng. Setiap hotel dan Penginapan di Dieng dilengkapi dengan ulasan menarik seputar dieng. Temukan pilihan terbaik Hotel Dieng, Penginapan Murah, Homestay di Dieng sebagai tempat istirahat yang paling menyenangkan. Dan berikut saya rekomendasikan daftar hotel di dieng yang bisa Anda booking secara online :

Sejarah, Legenda Dan Asal Usul Dieng Plateau

Menurut cerita yang berkembang di Masyarakat, Desa Dieng awalnya adalah hutan lebat tanpa penghuni, Hingga kemudian seorang Pengelana bernama Kyai Kolodete memasuki daerah ini dan mulai membangun pemukiman yang kemudian menjadi tonggak awal berdirinya desa Dieng. Kyai Kolodete inilah yang dipercaya menjadi sebab asal Fenomena Anak Berambut Gimbal di Dataran Tinggi Dieng.

Nama Dieng diambil dari kata di yang berarti gunung dan Hyang (Dewa). itulah kenapa Dieng juga dijuluki negeri Para Dewa.
Teori lain menyebutkan, Nama Dieng berasal dari kata di hyang (Bahasa Sunda) mengingat pada masa pra Medang- sekitar abad ketujuh Masehi- daerah itu berada dalam pengaruh politik Kerajaan Galuh.

Rute atau Jalur Jalan Menuju ke Dataran Tinggi Dieng

Dari Yogyakarta – Dieng jarak sekitar 122 km
Lewat Sleman – Tempel – Muntilan – Magelang – Secang – temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng
Jalur Alternatif : Yogyakarta – Sentolo – Wates – Purworejo – Sapuran – Wonosobo – Dieng

Dari Semarang – Dieng jarak sekitar 118 km
Lewat Ungaran – Bawen – Ambarawa – Secang – Temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng

Dari Solo – Dieng jarak sekita 180 km
Lewat Kartasura – Boyolali – Ampel – Salatiga – Bawen – Ambarawa – Secang – Temanggung – Parakan – Kertek – Wonosobo – Dieng

Purwokerto – Dieng jarak sekitar 120 km
Lewat Sokaraja – Purbalingga – Bukateja – Klampok – Banjarnegara – Selomerto – Wonosobo – Dieng

Dari Kebumen – Dieng jarak sekitar 65 km
Lewat Wadaslintang – Kaliwiro – Sawangan – Selomerto – Wonosobo – Dieng

Itulah sekilas info Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng Wonosobo dari kami ku2[dot]com yang bisa Anda jadikan panduan jika hendak berwisata ke Dieng. Semoga bermanfaat dan Terimaksih.

Tags: , , , ,