Pengertian Sistem Informasi Teknologi

Pengertian Sistem Informasi Teknologi – Hari ini, kebanyakan organisasi di semua sektor industri, perdagangan dan pemerintah pada dasarnya tergantung pada sistem informasi mereka. Dalam industri seperti telekomunikasi, media, hiburan dan jasa keuangan, dimana produk sudah menjadi semakin digital, keadaan yang seperti ini tergantung pada seberapa efektif penerapan teknologi informasi (TI).

Sistem Informasi Komputer

Sistem Informasi Komputer

Sistem informasi

Sistem informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan kegiatan orang-orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan untuk merujuk pada interaksi antara orang-orang, proses algoritma, data, dan teknologi. Tidak membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, dan sistem komputer, ICT dan bisnis proses. Informasi yang berbeda sistem teknologi informasi sistem informasi biasanya dilihat sebagai memiliki komponen ICT. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi yang membantu untuk mengendalikan kinerja proses bisnis.

Sistem informasi terdiri dari semua komponen yang mengumpulkan, memanipulasi, dan menyebarkan informasi atau data. Ini biasanya mencakup perangkat keras, perangkat lunak, orang, sistem komunikasi, dan data itu sendiri. Kegiatan-kegiatan yang terlibat termasuk memasukkan data, pengolahan data menjadi informasi, Penyimpanan data dan informasi, dan produksi output seperti manajemen laporan.

Teknologi informasi dan komunikasi, adalah istilah payung yang mencakup semua peralatan teknis yang besar untuk memproses dan menyampaikan informasi. ICT termasuk dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi semua hal yang berhubungan dengan penggunaan proses, sebagai alat, manipulasi, dan manajemen informasi. Jadi teknologi informasi dan komunikasi mengandung arti luas yaitu semua kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan, manipulasi, manajemen, mentransfer informasi antara media.Istilah TICK muncul setelah perpaduan teknologi komputer (hardware dan software) dan teknologi komunikasi di pertengahan-20 abad. Campuran keduanya teknologi ini dengan cepat berkembang melampaui teknologi lainnya.

Peran dukungan:
Sistem informasi mendukung proses bisnis dan operasi oleh:
merekam dan menyimpan data penjualan, pembelian data, investasi data, penggajian data dan catatan akuntansi lainnya.
merekam dan menyimpan data inventaris, bekerja dalam mengolah data, data perbaikan dan pemeliharaan peralatan, pasokan jaringan data dan catatan produksi operasi lainnya.
merekam dan menyimpan data pasar, profil pelanggan, pelanggan membeli histories, pemasaran data penelitian, iklan data dan catatan lain pemasaran.
untuk menerapkan, kendali dan monitor rencana, strategi, taktik, produk baru, model bisnis baru atau usaha bisnis baru.

Sistem informasi sering mendukung dan kadang-kadang merupakan keunggulan kompetitif. Sistem informasi, seperti sistem pemindaian lingkungan bisnis, mendukung hampir semua keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Kadang-kadang, sistem informasi itu sendiri adalah keuntungan kompetitif. Satu contoh adalah Wal-Mart. Mereka menggunakan extranet untuk mengintegrasikan rantai pasokan seluruh mereka.

Teknologi informasi

Ia merujuk secara khusus untuk teknologi, pada dasarnya perangkat keras, perangkat lunak dan telekomunikasi jaringan. Justru itu, beton (misalnya dengan server, PC, router dan kabel jaringan) dan halus (misalnya dengan perangkat lunak dari semua jenis). Itu memfasilitasi pencapaian, pengolahan, Penyimpanan, pengiriman dan berbagi informasi dan konten digital lainnya.

Efektivitas

Jumlah pasukan yang penting yang mempengaruhi kecepatan dan efektivitas kemajuan dalam menggunakan IS / itu dan dalam memberikan manfaat bisnis. Relatif bobot setiap faktor bervariasi dari waktu ke waktu, dan juga akan berbeda dari satu organisasi ke yang lain. Faktor ini meliputi:

o kemampuan teknologi

o ekonomi penggelaran teknologi aplikasi o layak

o keahlian dan kemampuan yang tersedia, baik di rumah atau dari sumber-sumber eksternal, untuk mengembangkan aplikasi

o keahlian dan kemampuan dalam organisasi untuk menggunakan aplikasi

o tekanan pada organisasi tertentu atau industri untuk meningkatkan kinerja.

Pelaksanaan teknologi melalui E-commerce dan E-bisnis

E-commerce dapat dilihat sebagai pelaksanaan komunikasi bisnis komersial dan manajemen dengan menggunakan teknologi Internet dan melalui metode elektronik, seperti elektronik data interchange (EDI) dan sistem pengumpulan data otomatis. Ini juga mungkin melibatkan transfer elektronik informasi antara bisnis (EDI). E-Bisnis, di sisi lain, telah datang untuk merujuk kepada otomatisasi proses bisnis internal organisasi yang menggunakan teknologi Internet dan browser.

Dalam menggunakan Internet, banyak organisasi telah melihat untuk menambah nilai lebih nyata produk yang mereka jual dengan memberikan layanan ‘berbasis informasi’ tambahan. Ini dapat mencakup dukungan online, pelacakan urutan, sejarah Orde, dll. Banyak dari inisiatif ini fokus pada memperdalam hubungan dengan pelanggan dan pemasok. Orang lain telah pindah platform trading mereka sebagian atau sepenuhnya ke Internet.

Faktor sukses

Beberapa faktor memiliki peran dalam keberhasilan setiap usaha e-commerce. Mereka mungkin termasuk:

o memberikan nilai kepada pelanggan. Vendor dapat mencapai ini dengan menawarkan produk atau lini produk yang menarik pelanggan potensial pada harga yang kompetitif, seperti dalam perdagangan elektronik.

o menyediakan pemandangan 360 derajat hubungan pelanggan, didefinisikan sebagai memastikan bahwa semua karyawan, pemasok, dan mitra memiliki pandangan lengkap, dan pemandangan yang sama, pelanggan.

o menyediakan insentif bagi pelanggan untuk membeli dan kembali. Promosi penjualan untuk tujuan ini dapat melibatkan kupon, Penawaran khusus dan diskon. Polietilena situs dan program afiliasi iklan juga dapat membantu.

Hambatan dalam penerimaan

o keprihatinan tentang keamanan. Banyak orang tidak akan menggunakan kartu kredit melalui Internet karena kekhawatiran tentang pencurian dan penipuan.

o masalah akses ke web perdagangan, terutama untuk rumah tangga miskin dan negara-negara berkembang. Tingkat penetrasi yang rendah akses Internet di beberapa sektor ini sangat mengurangi potensi untuk e-commerce.

Tags: , , , ,