Tempat Objek Wisata Kepulauan Mentawai

Ku2h.comWisata Pulau Mentawai yang terletak di provinsi Sumatera Barat menjanjikan pesona keindahan pantai dan gugusan kepualauan yang masih perawan. Letak atau lokasinya yang secara geografis berada ditengah Samudera Hindia menjadikan lokasi ini sangat sempurna bagi mereka yang menggemari wisata bahari. Selain itu ragam pesona budaya yang masih kental dengan adat istiadat setempat pun tak kalah menarik untuk ditelusuri.

Secara umum daerah ini merupakan wilayah kepulauan dengan empat pulau utamanya yakni pulau Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan. Selain itu juga terdapat beberapa pulau kecil namun umumnya tidak berpenghuni dan hanya dijadikan kawasan perkebunan kelapa atau tempat singgah para nelayan saja.

Selancar di Pulau Mentawai

Selancar di Pulau Mentawai

Objek wisata yang paling terkenal dan mengundang banyak turis terutama dari manca negara adalah ombak dikepulauan ini yang tinggi dengan tingkat variable serta kesulitan yang extreme hingga sangat sesuai untuk menjadi lokasi berselancar atau surfing. Dikalangan para surfer professional, ombak dikepulaan ini diakui sebagai salah satu dari yang terbaik didunia dengan beberapa spot surf utama seperti di Desa Bosua dengan gulungan ombak mencapai 3 meter.

Kemudian pulau Nyang nyang di desa katurei yang diklaim oleh para peselancar memiliki ombak yang paling tinggi didunia dengan ketinggian rata rata mencapai 4 meter. Selain itu masih ada beberapa lokasi lain dengan sensai ombak yang berbeda beda seperti di pulau Karamajat, pulau Koroniki, Awera serta teluk Sinakak dan Sibegeu.

Selain nuansa kelautan, wisata pulau Mentawai juga menawarkan alam kepualauan yang masih alami seperti di desa Madobak dimana terdapat Air Terjun Kulukubuk, Taman Nasional di Siberut atau berinteraksi langsung dengan pribumi dan menyaksikan ragam upacara adat mereka.

Adat Pulau Mentawai

Adat Pulau Mentawai

Tempat Objek Wisata Pulau Mentawai sendiri memiliki sejarah yang sangat panjang dan unik. Terbentuk sejak 500 ribu tahun yang lalu. Disini pengunjung akan menemui suasana yang berbeda dengan wisata sejarah ditempat lain seperti di kepulauan Kakaban Kalimantan Timur dimana masyrakatnya njuga masih mempertahankan kearifan local.

Suku Mentawai lekat dengan budaya dari zaman Neolitikum dimana mereka tak mengenal istilah bercocok tanam, menenun ataupun perkakas dari logam. Kesenian yang telah mendunia adalah seni rajah tubuh atau tattoo yang diyakini merupakan salah satu yang tertua dimuka bumi. Tato disini bukan hanya sekedar budaya namun juga sebagai penanda status social masyarakatnya.

Tags: , , , , , , , , ,