Wisata Pulau Kakaban Kalimantan Timur

Ku2h.comWisata Pulau Kakaban Kaltim adalah sebuah tempat objek pariwisata berbasis alam yang dikelola oleh masyarakat lokal dalam hal ini melalui sebuah lembaga yang bernama Badan Kelola Kampung Maratua. Secara administrative letaknya masuk kedalam gugusan kepulauan Derawan yang berada di Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur. Pulau seluas 774,2 hektar ini menawarkan keindahan dari pesona daratan yang eksotis dengan pantai berpasir putih serta panorama lautnya yang masih sangat terjaga keasliannya.

Pengunjung dapat mencapainya dengan menyewa perahu boat atau menumpang kapal nelayan dari pulau utama Derawan dengan jarak tempuh kurang lebih 45 menit dimana dermaga kayu sepanjang 120 meter terbuat dari kayu meranti siap menyambut anda. Salah satu tujuan utama wisata di pulau ini adalah danau Kakaban yang merupakan danau prasejarah peninggalan era peralihan Holosin, terbuat akibat proses evolusi selama ribuan tahun yang mengakibatkan karang atol terangkat naik dan membuat air laut terperangkap didalamnya hingga membuat air danau merupakan perpaduan dari air laut dengan air tawar dimana hanya dua tempat diseluruh dunia yang menawarkan fenomena alam serupa yakni Kakaban serta Jellyfish Lake , palau di kepulauan Mikronesia lautan Pasifik.

Pulau Kakaban

Pulau Kakaban

Di danau yang baru saja meraih Citra Pesona Pariwisata Award 2013 untuk kategori wisata alam yang dikelola oleh masyarakat ini pelancong dapat melakukan aktivitas snorkeling untuk menikmati eksotisme bawah air yang sangat menakjubkan dan tiada duanya. Hewan serta tumbuhan air yang terdapat didanau ini pada awalnya serupa dengan yang berada dilautan, namun akibat proses adaptasi yang panjang maka tercipta keaneka ragaman biota air yang unik dan menjadi endemik pulau Kakaban.

Wisatawan dapat merasakan sensasi berenang bersama ubur ubur yang jumlahnya ribuan tanpa takut akan tersengat olehnya. Terdapat empat jenis ubur ubur yang menjadi endemik danau ini yaitu Cassiopea Ornata yang berenang terbalik dengan sungutnya menhadap keatas, ubur ubur bening Aurelia Aurita, Martigias Papua yang berpijar biru kecokelatan serta ubur ubur mungil yang hanya seukuran telunjuk tangan yang bernama Tripedalia Chrystophora. Selain itu terdapat pula berbagai jenis ikan, teripang, kepiting, alga laut, spons dan masih banyak lagi.

Danau Kakaban

Danau Kakaban

Tidak kalah dengan bawah laut wakatobi, para pecinta wisata bahari juga dimanjakan dengan potensi bawah laut disekeliling pulau yang masih sangat alami dengan berbagai macam biota fauna dan tumbuhan lautnya. Pulau Kakaban telah diakui sebagai salah satu dari tiga besar lokasi penyelaman paling indah dan direkomendasikan diseluruh dunia dengan beberapa spot unggulan yaitu The Drift, The Wall, Rainbow Run, The Plateu, Barracuda Point, Cabbage patch, Dive’s Delight, The North face dan Blue Light Cave. Daratan pulaunya sendiri juga menampilkan pemandangan alam yang sangat indah dengan hamparan hutan perawan yang terbentang luas. Berbagai jenis pohon tropis serta bakau seperti Pidada, tanjang dan Avicinea menjadi habitat alami bagi fauna didalamnya.

Wisata Pulau Kakaban Kaltim adalah sebuah eksotisme alam terselubung yang masuk dalam World Heritage atau warisan dunia. Wilayah konservasi alam terpadu ini sangat layak menjadi pilihan untuk berlibur dan melepaskan diri dari segala penat yang ditimbulkan oleh hingar bingar vkehidupan modern terutama dikota besar seperti Jakarta. Penduduk local serta pemerintah daerah juga sangat menunjang potensi pariwisata di daerahnya dengan memberikan fasilitas serta promosi hingga kemancanegara.

Rekomendasi Penginapan :

Tags: , , , , , , , , ,