Wisata Belanja Bandung, Surganya Fashionista

Ku2h.com – Sebagai salah satu tempat tujuan Wisata Belanja Bandung memang menjadi favorit para shopaholic terutama yang berdomisi di kota Jakarta dan sekitarnya. Selain letaknya yang tak terlalu jauh dari Ibukota negara itu, kota yang juga dikenal sebagai paris van java tersebut memang menawarkan beberapa lokasi wisata berbelanja terutama untuk fashion mulai dari yang murah kelas kaki lima hingga bintang lima.

Distro Bandung

Distro Bandung

Bandung sebagai ibukota Jawa Barat ini memang telah diakui sebagai barometer mode di tanah air. Selain para mojang dan jejakanya yang sangat fashionable dan memiliki selera tinggi dalam berpenampilan, industri mode disana juga sangat berkembang mulai dari produksi tradisional seperti sentra industri sepatu di Cibaduyut atau kawasan pengrajin kaos di jalan Surapati maupun jejeran factory outlet atau mall yang menjadi tempat distribusi langsung produk pakaian maupun apparel buatan kota kembang ini.

Lalu diantara sekian banyak lokasi wisata belanja Bandung, manakah yang paling menjadi incaran para kaum modis. Berikut ini adalah beberapa toko maupun lokasi favorit dan paling ramai dikunjungi oleh penikmat mode.

Pasar Baru Trade Center

Bila di Ibukota Jakarta ada pasar tanah Abang, maka Bandung memiliki Pasar baru Trade Center. Bangunan 12 tingkat ini merupakan pasar modern pertama yang ada dikota ini. Didirikan sejak tahun 1884 dengan nama passer baroeweg untuk menggantikan lokasi lama yang berada dikawasan Ciguriang. PBTC kini menempati gedung baru berkonsep modern yang diresmikan pada tahun 2003 lalu oleh Walikota Bandung saat itu. Lokasinya yang strategis yaitu di Jalan Otto Iskandar Dinata dekat dengan Jalan Asia Afrika serta hanya berjarak 200 meter dari Stasiun Kereta Hall membuat tempat ini mudah dicapai dari arah manapun.

Ditempat ini pengunjung bisa mendapatkan aneka produk fashion mulai dari busana muslim, casual, resmi, aneka seragam sekolah maupun kantor, tas, aksesoris seperti jam tangan, kalung dan cincin, aneka mode batik serta pakaian daerah, produk jeans, perlengkapan haji, bed cover, gordyn, bahan textile dan masih banyak lagi jenis dan ragamnya. Harga yang ditawarkan pun sangat miring disbanding ditoko pada umumnya, terlebih bila anda membeli dalam bentuk grosir. Namun bagi para shopaholic kawakan yang diberkahi bakat menawar bisa mendapatkan harga murah meski hanya membeli eceran, tentu saja tergantung kepandaian anda dalam bernegosiasi dengan penjual.

Pasar ini selalu padat oleh pengunjung dan akan berlipat ganda jumlahnya saat menjelang hari raya Iedul Fitri atau Lebaran maupun menjelang musim tahun ajaran baru pendidikan. Para konsumen bukan hanya dating dari daerah sekitarnya saja namun juga dari Surabaya, Padang, Makasar bahkan dari Malaysia, Brunei, Singapore maupun Thailand sering kita temui sedang berbelanja disini.

Pusat Industri Sepatu Kulit Cibaduyut

Kawasan ini telah lama dikenal sebagai sentra pembuatan sepatu serta sandal yang terbuat dari bahan kulit. Hasil produksi Cibaduyut ini bahkan telah menembus pasar ekspor hingga ke kawasan avant garde dalam dunia fashion seperti Milan, London, Tokyo bahkan Paris. Disepanjang jalan Cibaduyut akan ditemui jejeran toko yang memasarkan hasil produksi dari para pengrajin mulai dari sepatu, tas, jaket hingga dompet yang berbahan kulit. Pada alun alun utama terdapat patung sepatu raksasa yang menjadi simbol kawasan ini.

Para pedagang menawarkan barang dagangannya dengan harga yang sangat murah bila dibandingkan dengan kualitas yang sekelas dengan buatan produk ternama yang tentu saja berharga selangit. Kelebihan dari Sepatu Cibaduyut terletak pada pemakaian material kulit bermutu tinggi serta produksinya yang masih menandalkan kecakapan tangan dari para pengrajinnya atau hand made shoes.

Karena kualitas serta harganya itulah Sepatu Cibaduyut menjadi begitu mendunia. Bahkan pada tahun 1989 kawasan ini telah diresmikan langsung oleh Presiden RI saat itu Soeharto sebagai salah satu kawasan wisata belanja Bandung.

Cihampelas Jeans Street

Bila Cibaduyut dikenal sebagai penghasil sepatu, maka kawasan jalan Cihampelas ini adalah pusat jeans dengan deretan toko di sepanjang jalan ini yang menawarkan produk berbahan jeans dari para desainer lokal. Toko yang terdapat disana juga memiliki cara yang bunik untuk menarik minat pengunjung, antara lain dengan mendesain gedung mereka dengan patung superhero seperti Ultraman, The Incredible Hulk, Spiderman, Aladin, Superman dan sebagainya hingga membuat jalan ini terkenal sebagai Jeans street oleh kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kawasan ini pada awalnya memang dikenal dengan kreativitas para desainernya terutama dalam membuat busana dengan bahan jeans. Semakin lama daerah ini kian dikenal berkat kualitas produknya yang memiliki mutu yang sama dengan produk dari merk ternama namun dengan harga yang jauh lebih murah. Hal ini lambat laun mengundang datangnya para penggemar mode terutama anak muda dari berbagai penjuru tanah air yang akhirnya membuat Cihampelas menjadi berkembang seperti saat ini.

Selain tempat tersebut yang terdapat di Bandung wisata belanja lain yang bisa dikunjungi oleh para fashionista adalah deretan factory Outlet yang menawarkan pakaian serta aksesoris khas kaum muda urban yang sedang digemari saat ini.

Beberapa daerah yang memiliki FO dan Distro paling banyakdan menjadi favorit antara lain berada di seputar Jalan Dago dengan beberapa brand serta toko terkenalnya seperti Rafles, level, Blossom, Gossip, Runway dan Central Branded Outlet. Jalan Riau dengan jejeran store seperti Solution Boutique, Riau Stock Mall, Cargo, EST Gallery, The Summit, Branded Club, Babe, Terminal Tas dan masih banyak lagi. Kemudian ada Rumah Mode, Distro House, Zenith, Lafayette, Fiore, Linoleum, Natural, Phantasia Barby dan FO Store di sepanjang jalan Setia Budi.

Brand brand ternama juga bermarkas di Ibukota Jawa Barat ini, sebut saja Peter Say Denim di jl Ciumbuleuit dan di paris van Java Mall, UNKL347 di jalan Trunojoyo, Pot Meets Pop di Bahureksa, Ouval Research di Buah Batu no.64, Evil Army di jalan Sultan agung, Horny di Cibeunying Kolot, Airplane System di jalan Aceh, Black ID jl Belitung no.3 dan Invictus di Pager Gunung nomor 13.

Bagi anda yang ingin melakukan Wisata Belanja di Bandung juga tak perlu khawatir soal transportasi dan akomodasi karena terdapat banyak sekali sarana angkutan dalam dan luar kota serta travel agent yang menyediakan paket kunjungan yang bisa dipilih sesuai keinginan. Tempat penginapan baik hotel bintang lima untuk para executive hingga losmen untuk wisatawan Backpacker maupun turis kelas menengah pun mudah ditemukan.

Baca juga : Peta Wisata Bandung selatan

Tags: , , , , , , , , , ,