Borobudur, Prasasti Keagungan Bangsa Indonesia

Ku2h.com – Candi┬áBorobudur yang terletak di Magelang Yogyakarta Jawa tengah ini bukan hanya candi Budha terbesar di dunia yang masuk dalam UNESCO World Heritage Site atus situs peningalan sejarah yang dilindungi, lebih dari itu, ini adalah prasasti kebesaran sejarah bangsa Indonesia masa lalu, simbol bahwa sejak zaman dahulu nusantara telah memiliki kebudayaan yang tinggi dan tak kalah dengan bangsa bangsa besar lain di muka bumi ini.

Borobudur Temple Indonesia

Borobudur Temple Indonesia

Apabila pulau dewata Bali dikenal dengan peninggalan serta kebudayaan yang erat dengan aliran Hindu, maka candi tempat wisata yang terletak sekitar 81 km dari kota Semarang tersebut kental dengan ajaran sang Bodhisattva yang juga mengajarkan cinta kasih terhadap sesame mahluk hidup.

Dibangun oleh para penganut Budha Mahayana dari wangsa Syailendra di era kepemimpinan Raja Samaratungga pada tahun 824 Masehi atau sekitar 400 tahun sebelum bangsa Eropa mendirikan katedral katedral agung mereka. Sejak masa berdirinya hingga saat ini, candi Borobudur merupakan tujuan utama peziarah bagi para penganut Budhism dari Tibet, China, Nepal, Kamboja dan negara lainnya. Salah satu penganut Budha taat yang pernah berkunjung kesini adalah actor tampan Holywood Richard Gere yang datang pada tahun 2011 yang lalu.

Tempat Objek Wisata Borobudur

Tempat Objek Wisata Borobudur

Monument agung ini memiliki bentuk bujur sangkar dengan luas 123 x 123m persegi terdiri dari 2 juta potongan batu vulkanik berukuran rata rata 25x10x15 cm dengan berat total 1,3 juta ton yang disusun tanpa menggunakan bahan perekat apapun namun dipahat dengan teknik yang tidak terbayangkan dapat dilakukan pada masa itu hingga seluruh batu tersebut saling mengunci satu dan lainnya.

Terdiri dari 10 tingkatan yaitu tingkat dasar hingga 6 berbentuk bujur sangkar sedangkan tingkat 7 sampai 10 berbentuk bundar. Para pengunjung akan masuk melalui sisi timur dan berjalan melingkar naik ke undakan berikutnya. Perjalanan itu sendiri seolah napak tilas melewati tiga tingkatan kehidupan dalam ajaran Budha yaitu ranah hawa nafsu yang disebut Kamadhatu, ranah berwujud atau Rupadhatu serta tingkatan tertinggi yaitu Aruphadatu atau ranah tak berwujud.

Foto Candi Borobudur Dari Atas

Foto Candi Borobudur Dari Atas

Borobudur Temple sering pula dianalogikan sebagai sebuah karya seni rupa terbesar sepanjang masa karena disetiap dindingnya dihiasi relief yang menceritakan kisah utuh dari filosifi luhur Buhisme yaitu Kharmawibangga yang menceritakan hukum sebab akibat atau karma, Lalitawistara yang berkisah riwayat sang Budha yang digambarkan sebagai Sidharta Gautama mulai dari turun dari surge tista hingga mendapat pencerahan di taman rusa.

Jataka, yang bercerita riwayat sang Budha sebelum dilahirkan sebagai pangeran Sidharta dalam menebar kebaikan dalam setiap reinkarnasinya. Sedangkan Awadana memiliki kisah yang hampir serupa namun tokoh utamanya kali ini adalah Sidhanakumara. Gandawyuha yang merupakan kesatuan dari 460 panel relief pada lorong kedua mengambil kisah dari Sudhana dalam pengembaraannya menemukan kebenaran sejati.

Tiket Masuk Borobudur

Tiket Masuk Borobudur

Seluruh relief yang terdapat pada lorong tersebut berjumlah 1.460 buah dari total 2.672 panel yang terdapat pada candi ini dimana seluruhnya merupakan mahakarya seni yang tiada bandingannya di jagad raya dengan keindahan yang terekspresi sempurna hingga setiap detailnya. Terdapat pula 504 buah stupa dengan satu stupa utama yang diletakkan dipuncaknya sebagai mahkota dari candi ini. Stupa utama yang juga terbesar ini dikelilingi 72 stupa lain yang lebih kecil ndengan arca Budha dalam posisi Chakramudra didalamnya, namun anehnya didalam stupa induk tersebut tak terdapat patung atau apapun alias kosong.

Demikianlah secuil cerita mengenai kemegahan Borobudur yang menjadi kebanggan bangsa kita. Untuk mengetahui atau merasakan nuansa kehebatannya hal terbaik yang bisa dilakukan adalah pergi dan mengunjunginya sendiri. Apabila Richard Gere saja sangat mengagumi keajaiban dunia ini, sudah sepantasnya kita, sebagai pewaris kebudayaan maha agung tersebut juga menyambangi candi yang terletak di Jawa tengah ini. Hingga kini tak terhitung jumlah turis baik domestic, manca negara maupun wisatawan ransel sekalipun yang berkunjung ke Borobudur.

Tags: , , , , , , , , , , ,