Tempat Objek Wisata Labuan Bajo

Ku2h.com – Tidak kalah dengan wisata Bali dan Lombok, Wisata Labuan Bajo kini semakin menggeliat sebagai tujuan trip para turis baik dari dalam maupun luar negeri. Kota kecil yang menjadi Ibukota dari Kabupaten Manggarai Barat, Flores Nusa Tenggara Timur (NTT) ini menawarkan banyak sekali tempat menarik untuk dikunjungi. Serbut saja misalnya yang paling terkenal dan telah mendunia adalah atraksi binatang purba yang hanya terdapat di Indonesia yakni Komodo Dragon. Ya, Labuan Bajo merupakan gerbang utama untuk menuju kawasan Taman Nasional Komodo yang fenomenal itu.

TNK saat ini begitu mendunia setelah satwa endemik pulau Komodo dan pulau Rinca yakni kadal raksasa yang memiliki nama latin Varanus Komodoensis dan dikenal dengan sebutan Ora oleh penduduk lokal dinobatkan sebagai salah satu dari keajaiban dunia (New 7 Wonder of The World) oleh Unesco pada tahun 2012 yang lalu. Selain binatang purba tersebut, keindahan bawah laut di perairan sekitar kepulauan juga sangat mengagumkan dengan lebih dari 1000 spesies ikan dan 260 jenis terumbu karang.

Menyelam di Pulau Komodo

Pulau Komodo Flores Ntt

Pulau Komodo Flores Ntt

Wisatawan dapat menyelam hingga kedasar laut maupun snorkeling untuk menyaksikan pemandangan menakjubkan yang tak kalah indah dengan panorama bawah laut pulau Mentawai maupun kepulauan Raja Ampat. Selain itu, pantai berpasir merah atau oleh pelancong dari mancanegara sering disebut sebagai Pink Beach juga sangat menyenangkan untuk dijelajahi atau sekedar menikmati kehangatan sinar mentari sambil berbaring dipasirnya yang lembut.

Cunca Wulang Canyon waterfall

Cunca Wulang Canyon waterfall

Cunca Wulang Canyon waterfall

Sedangkan tempat wisata Labuan Bajo di daratannya sendiri juga tak kalah menarik. Salah satunya adalah Cunca Wulang waterfall yang terdapat di hutan wisata Mbeiling. Seperti namanya Cunca yang berarti air terjun dan Wulang atau bulan, air terjun ini seperti air yang turun dari bulan apabila disaksikan dari atas. Pemandangan saat menuju lokasi ini juga tak kalah indah, untuk menuju tempat ini wisatawan harus berjalan kaki atau trekking menyusuri hutan selama kurang lebih satu jam dari desa Warsawa.

Mirror Stone Cave

Mirror Stone Cave

Mirror Stone Cave

Sekitar 4 Km dari pusat kota, terdapat Goa Batu Cermin yang merupakan obyek wisata yang belakangan ini kian ramai didatangi oleh para wisatawan terutama pecinta caving. Theodore Verhoven, seorang arkeolog berkebangsaan Belanda yang menemukan Mirror Stone Cave ini pada tahun 1951, memiliki teori bila gua ini merupakan bagian dari palung laut yang naik kedarat akibat proses alam ribuan tahun yang silam. Teori tersebut didasari oleh beberapa fakta seperti goresan goresan serta lubang yang dipercaya tercipta akibat gesekan dengan arus laut. Selain itu terdapat beberapa fosil ikan pada dinding gua serta fosil penyu raksasa yang menempal di langit-langitnya.

Sedangkan nama Batu Cermin sendiri diambil karena goa sepanjang 200 meter ini dipenuhi oleh stalagnit dan stalagtit yang yang unik karena mengandung kadar garam tinggi, saat musim hujan dan air menggenang didasar goa, sinar matahari yang masuk melalui lubang diatasnya akan dipantulkan kedinding goa dan direfleksikan ke dinding goa yang lain hingga memberikan kilauan layaknya Kristal ataupun cermin.

Kampung Todo Manggarai

Kampung Todo Manggarai

Kampung Todo Manggarai

Selain tempat tempat diatas, terdapat pula lokasi menarik dan tak boleh dilewatkan antara lain Kampung Tado yang sarat akan sejarah adat dan menjadi pusat dari budaya asli masyarakat di Manggarai Barat, puncak waringin dimana turis dapat menikmati pemandangan sunset atau sunrise dari arah pantai dan masih banyak lagi.

Pemerintah baik daerah maupun pusat memang tengah menggiatkan Tempat Objek Wisata Labuan Bajo ini. Sejumlah infrastruktur bertaraf international pun disiapkan seperti bandara, pelabuhan dan tentu saja penginapan. Disini telah terdapat fasilitas Hotel mulai dari kelas berbintang hingga yang berharga murah atau losmen. Penduduk setempat pun sangat mendukung, mereka menyediakan homestay bagi turis Backpacker ataupun rumah makan serta toko souvenir lokal. Event akbar bertajuk Sail Komodo 2013 yang digelar mulai bulan Agustus hingga September yang lalu juga semakin meningktkan popularitas pariwisata tempat ini dimata dunia.

Tags: , , , , , , , , ,