5 Tempat Wisata Terfavorit di Jakarta

Daftar Tempat Objek Wisata di Jakarta – Jakarta sebagai Ibukota Republik Indonesia memang sebuah kota metropolitan yang menjadi pusat dari seluruh pemerintahan dan juga bisnis. Namun tahukah Anda bila daerah Khusus Ibukota ini juga memiliki beragam pilihan tempat wisata yang tersebar di lima penjurunya yaitu Jakarta Pusat, Selatan, Barat, Timur dan Utara plus wilayah Kepulauan Seribu.

Berikut adalah 5 tujuan wisata paling terkenal di Ibukota yang menjadi tujuan favorit bagi para warga Jakarta untuk menghabiskan liburan maupun para pelancong domestic maupun mancanegara.

Wisata Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol

Pusat Hiburan terbesar dan terlengkap di Indonesia yang didirikan pada masa pemerintahan Gubernur Ali Sadikin tahun 1966. Taman Impian Jaya Ancol memiliki konsep sebagai pusat dari berbagai macam hiburan terintegrasi dengan beberapa atraksi utamanya meliputi :

1. Dunia Fantasi , sebuah amusement park terbesar dengan lebih dari 40 macam wahana permainan diantaranya halilintar roller coster, kincir raksasa bernama Bianglala, Komidi Putar, Tornado, arung jeram dan atraksi terbaru mereka yang bernama Treasureland Temple of Fire yaitu pertunjukan aksi aksi para stuntman professional yang mendebarkan sekaligus menakjubkan dengan special effect yang luar biasa.

2. Sea World, kolam akuarium raksasa yang merupakan yang terbesar di asia Tenggara ini menampilkan keindahan panorama bawah laut lengkap dengan segala macam biota laut seperti Hiu, Orca, terumbu karang dan lain lain.

3. Pasar Seni, inilah area dimana para pengunjung dapat menyaksikan berbagai pertunjukkan senia tradisional maupun modern dan membeli barang barang etnik dan bercita rasa kesenian dari seluruh penjuru tanah air.

4. Atlantis Water Adventure, sebuah wahana tempat bermain air dengan konsep kota legenda Atlantis. Wahana yang disediakan antara lain kolam ombak, kolam anak anak, air terjun, kolam arus, slide dan lainnya.

Selain atraksi diatas, di Taman Impian ini juga terdapat Ancol Bay Area dan pantai Karnaval dan pantai Festival yang terkenal itu, lapangan golf 18 hole serta Putri Duyung Resort serta restaurant Bandar Jakarta.

Wisata Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Sesuai namanya adalah miniature dari Indonesia dimana disini terdapat anjungan dari seluruh 33 provinsi yang ada di Indonesia yang menampilkan kekhasan budaya dari daerah masing masing lengkap dengan sejarah, hasil seni dan lainnya. Di TMII ini juga terdapat beberapa atraksi wisata edukatif seperti Museum Reptil, Museum Burung, Museum Rekayasa dan Keong Mas yang menampilkan pertunjukan film 3 dimensi dalam theatre iMax.

Monas

Monumen Nasional

Monumen Nasional

Inilah landmark dari Ibukota yang telah terkenal diseluruh dunia dan diakui sebagai salah satu landmark paling popular selain menara Eiffel di Paris serta Menara Pisa di Roma. Dibangun atas perintah Presiden RI saat itu Ir. Soekarno untuk menjadi icon dari Jakarta, dibangun sejak tahun 1961 dan diresmikan tahun 1975. Tugu Monas yang memiliki total tinggi 132 meter itu terbagi menjadi beberapa bagian yakni cawan sebagai bagian dasar setinggi 17 meter, 8 meter dibawahnya terdapat sebuah museum yang menampilkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia serta teks asli proklamasi berikut suara sang proklamator Bung Karno.

Sedangkan pelataran dari tugu yang berbentuk bujur sangkar dengan panjang tiap sisinya adalah 45 meter. Angka angka tersebut melambangkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yaitu 17 Agustus tahun 45. Pada puncaknya terdapat prasasti lidah api yang terbuat dari emas 22 karat yang melambangkan semangat bangsa kita yang berkobar kobar melepaskan diri dari belenggu penjajahan.

Wisata Kota Tua

Wisata Kota Tua Jakarta

Wisata Kota Tua Jakarta

Kota Tua menurut Wikipedia adalah sebuah kawasan sepanjang 1,3 km yang melintasi dua wilayah Ibukota yakni Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Terdiri dari bangunan bangunan tua dan bersejarah yang masih dilestarikan hingga saat ini dan menampilkan kemegahan kota Batavia tempo doeloe yang dijuluki sebagai permata dari timur oleh para pelaut dan saudagar pada masa itu.

Obyek wisata ini sering dijadikan sebagai lokasi untuk fotografi karena keunikan budayanya dengan beberapa bangunan utama antara lain Museum fatahilah, Jembatan Kota Intan, Museum Bank Indonesia dan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Kepulauan Seribu

Wisata Kepulauan Seribu

Wisata Kepulauan Seribu

Kumpulan beberapa pulau yang berada dikawasan teluk Jakarta ini menampilkan keindahan alam pulau serta lautnya yang masih perawan. Beberapa pulau utama yang layak untuk dikunjungi adalah Kepulauan Tidung yang terdiri dari Tidung Besar dan Tidung Kecil, pulau Bidadari, Pulau Onrust dan pulau Untung Jawa.

Pada tahun 2011 yang lalu, wilayah kelautan Kepulauan Seribu berhasil masuk nominasi peraih penghargaan Citra Pesona Wisata Award atau Cipta Award untuk kategori daya Tarik Wisata Alam yang dikelola oleh oemerrintah atau Pemerintah Daerah.

Selain 5 Tempat Wisata Terfavorit di Jakarta tersebut, Ibukota masih menyimpan bergam atraksi berlibur yang menyenangkan seperti Kebun Binatang Ragunan, Museum Bahari, Museum Joang 45, Museum NKRI atau yang lebih dikenal dengan sebutan Museum Gajah serta wisata malam dan wisata belanja antara lain kawasan Pasar Tanah Abang yang merupakan pusat perdagangan tekstil terbesar di Asia Tenggara, Grand Indonesia dan masih banyak lagi.

Rekomendasi tempat wisata yang dekat dengan Jakarta :
Daftar Tempat Wisata di Banten
Daftar Tempat Wisata di Puncak Bogor

Tags: , , , , , , , , , ,