Tempat Wisata Pulau Lombok dan Sumbawa

Ku2h.comDaftar Tempat Objek Wisata Pulau Lombok dan Sumbawa yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat ternyata memiliki sejumlah keunikan dan keindahan tersendiri yang tak kalah dengan destinasi lain di nusantara. Bukan hanya Pulau Dewata Bali, saat ini pemerintah daerah setempat tengah gencar gencarnya menggarap potensi pariwisata di daerahnya yang dikenal dengan program 3M yaitu wisata pegunungan atau Mountain, pantai atau Marine serta wisata pertemuan, konvensi, insentive dan pameran yang disingkat MICE (Meeting, Insentive, Convention and Exhibition).

Dan berikut adalah beberapa obyek wisata paling terkenal dan layak untuk dikunjungi di kedua pulau tersebut.

Wisata Pulau Lombok

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Pantai Senggigi terletak di bagian barat pesisir pulau ini menawarkan eksotisme wisata bahari yang sangat menmpesona. Terumbu karangnya yang menjulang sampai ketengah membuat ombak besar pecah saat ditengah hingga menjadikan perairan ditepi pantai sangat tenang dan cocok untuk snorkeling., pemandangan bawah lautnya pun sangat menakjubkan dan hampir menyerupai panorama bawah laut di kepulauan Raja Ampat, Papua.

Pesona matahari terbenam atau sunset di Senggigi juga sangat mengagumkan, terlebih dengan latar belakang Gunung Agung yang nampak dikejauhan semakin menambah suasana romantisme. Tak jauh dari tempat ini juga terdapat dua obyek yang lekat dengan nuansa religi yakni Pura Batu Bolong serta sebuah Makam Ulama besar Islam Di Batu Layar.

Disini juga terdapat salah satu gunung berapi aktif yang termasuk dalam deretan Ring of Fire yakni Gunung Rinjani. Dengan tinggi 3.726 m dpl menjadikan gunung ini sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Sekitar 600 meter dibawah lereng kawahnya terdapat danau berbentuk sabit yang menjadi tempat spiritual bagi penduduk sekitarnya yaitu Segara Anak.

Di Taman Nasional ini juga terdapat sumber mata air panas sulfur bernama Kokok Putih yang sangat sempurna untuk menyegarkan badan yang lelah dengan berendam didalamnya. Selain itu terdapat juga tiga buah gua yakni gua Susu, Payung dan manic. Sedangkan dilerengnya terdapat Monkey Forest di Tetabu dengan kawanan monyet liar berwarna hitam dan air terjun yang begitu menakjubkan.

Disebelah utara pulau Lombok terdapat Three Gili Island yang terdiri dari Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno yang juga telah tersohor dikalangan turis mancanegara. Tempat ini dapat dikatakan masih sangat asri karena kendaraan bermotor dilarang berada disana. Kekayaan budayanya juga tak kalah menarik, di Trawangan anda akan adapat menikmati adat suku Sasak yang disebut Peresean yakni pertarungan antara dua pendekar suku tersebut menggunakan tongkat rotan dan tameng kulit.

Wisata Pulau Sumbawa

Wisata Sumbawa

Wisata Sumbawa

Pulau ini dipisahkan oleh selat Alas dengan pulau Lombok disebelah barat serta selat sape yang memisahkannya dengan pulau Komodo Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur. Disini terdapat Gunung Tambora yang terkenal lewat letusannya yang maha dahsyat pada tahun 1815 yang konon merupakan salah satu dari 7 letusan gunung terbesar didunia sepanjang sejarah. Naum kini Tambora diserbu oleh wisatawan karena keindahannya serta keaneka ragaman hayati yang terdapat pada hutan tropis yang mengelilinginya.

Sekitar 2 jam perjalanan menggunakan speedboat ke arah utara, terdapat pulau Moyo yang terkenal karena keindahan alamnya yang sangat eksotis terutama air terjun Mata Jitu yang menjadi begitu melegenda setelah dikunjungi oleh mendiang lady Di atau Puteri Diana pada tahun 1993 lalu, oleh karena itu lokasi ini juga dikenal sebagai The Princess waterfall. Hingga saat ini banyak selebriti dan tokoh penting dunia yang telah menghabiskan waktu liburan mereka di pulau Moyo, sebut saja diantaranya petenis wanita nomor satu dunia Maria Sharapova, pesepakbola David Beckham dan Edwin Van Der sar hingga legenda rockstar Mick jagger.

Selain tempat tempat yang disebutkan diatas masih banyak lagi Obyek Tempat Wisata Pulau Sumbawa dan Lombok yang pantas anda kunjungi diantaranya Tanjung Ringgit dan Pulau Delapan yang tengah dikembangkan menjadi wisata Eco Region. Lalu ada pula pantai Kuta Lombok yang konon tak kalah indah dengan pantai Kuta Bali. Apabila anda berkunjung ke dua pulau tersebut, jangan ketinggalan untuk membawa pulang oleh oleh khas seperti madu dan susu kuda liar Sumbawa, dodol rumput laut, mutiara ataupun kain tenun Sasak yang sangat indah dan terkenal itu.

Tags: , , , , , , ,