Daftar Tempat Wisata Di Banten Terbaru

Daftar Tempat Objek Wisata Di Banten – Banten merupakan provinsi pemekaran dari Jawa Barat yang terletak di ujung bagian barat Pulau Jawa. Daerah Banten dikenal sebagai daerah pelabuhan yang ramai sejak zaman penjajahan dulu. Di kawasan ini jugalah dulu pernah terdapat salah satu kerajaan tertua di Pulau Jawa yaitu Kerajaan Tarumanegara. Selain dikenal sebagai daerah pelabuhan yang ramai, Banten juga mempunyai potensi wisata yang tidak kalah menarik dengan Wisata Bangka Belitung. Banyak tempat wisata di Banten yang menawarkan pesona alam dan budaya yang mempesona.

Berbicara mengenai tempat wisata di Banten mungkin masih kalah populer dengan daerah wisata di Indonesia seperti Bali, Bandung, dan Yogyakarta. Namun Banten menyimpan potensi wisata yang tidak akan dijumpai di daerah lain. Berikut ini adalah Daftar Tempat Wisata Di Banten yang menarik untuk dikunjungi.

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon Banten

Taman Nasional Ujung Kulon Banten

Sesuai dengan namanya, Taman Nasional Ujung Kulon terletak di ujung barat Provinsi Banten. Taman Nasional ini menjadi habitat aneka satwa dilindungi terutama Badak Bercula Satu. Taman Nasional Ujung Kulon terdiri atas beberapa pulau kecil. Untuk akomodasi, pengunjung tidak perlu khawatir karena di kawasan ini sudah terdapat fasilitas seperti transportasi dan penginapan. Bagi anda yang tertarik dengan wisata alam dan ingin melihat Badak dari dekat, maka Ujung Kulon adalah tempat yang tepat.

Pantai Anyer

Pantai Anyer Banten

Pantai Anyer Banten

Siapa tak kenal Pantai Anyer? Pantai ini merupakan ikon wisata Serang dan Banten. Anyer menawarkan keindahan pantai dengan pasirnya yang putih dan angin yang bertiup semilir. Di Anyer pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana air seperti jetski, parasailing, banana boat, dan aneka olahraga air lainnya. Akomodasi juga sudah memadai dengan banyaknya hotel sekitar pantai Anyer.

Gunung Krakatau

Anak Gunung Krakatau

Anak Gunung Krakatau

Gunung Krakatau dikenal dunia karena erupsinya yang dahsyat pada tahun 1883 yang menimbulkan tsunami di daerah Lampung dan Banten serta dentuman erupsinya yang terdengar hingga benua Eropa. Saat ini Gunung Krakatau hanya menyisakan gunung api baru yaitu Anak Krakatau di tengah sisa kaldera letusan terdahulu. Tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun asing untuk menyaksikan sisa-sisa erupsi besar 1883 serta aktivitas vulkanik yang sering terjadi pada gunung api tersebut.

Perkampungan Suku Baduy

Perkampungan Suku Baduy Banten

Perkampungan Suku Baduy Banten

Perkampungan Suku Baduy mungkin merupakan tempat wisata di Banten yang paling unik dan menarik. Suku Baduy merupakan suku asli yang sejak dulu bermukim di perkampungan mereka. Suku ini sangat unik karena tradisinya yang selalu dijaga kuat dengan tidak menggunakan teknologi zaman sekarang. Sehingga di perkampungan tersebut sama sekali tidak menggunakan listrik serta masyarakatnya mengandalkan kekuatan mereka sendiri untuk bertahan hidup seperti pertanian, pakaian, rumah, dsb. Keunikan inilah yang dijadikan aset wisata. Pengunjung dapat menikmati kesederhanaan hidup Suku Baduy serta menikmati alam yang asri jauh dari kebisingan kota dan pengaruh teknologi.

Pantai Sawarna

Pantai Sawarna Banten

Pantai Sawarna Banten

Pantai Sawarna merupakan obyek wisata pantai baru di provinsi Banten, pantai Sawarna ini terletak di kecamatan Bayah, Banten. Pantai sawarna memiliki pantai yang indah dan masih jarang terjamah oleh wisatawan bahkan pantai Sawarna disebut sebagai surga tersembunyi di Banten dengan pasir putih dan ombak yang tenang serta ada karang yang berbentuk indah membuat pantai sawarna menjadi semakin terkenal dengan alam yang indah nan alami. Untuk akses ke Pantai Sawarna memerlukan 6 Jam perjalanan dari Sukabumi atau 10 Jam dari Ibukota Jakarta.

Tempat wisata di Banten lainnya juga masih banyak selain tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas. Diantaranya adalah Masjid Agung Banten, Pulau Burung, Pulau Umang, Rawadano, dan masih banyak lagi. Tempat-tempat wisata tersebut dapat menjadi pilihan keluarga untuk menghabiskan waktu liburan.

Melihat potensi wisatanya yang unik dan lain dari daerah lainnya, maka tidak salah jika tempat wisata di Banten diangkat menjadi tujuan wisata di Indonesia. Gagahnya Gunung Krakatau, eksotisnya Badak bercula satu, hingga kesederhanaan Suku Baduy bisa dijadikan daya tarik untuk wisatawan asing agar mengunjungi pariwisata yang ada di Provinsi Banten.

Tags: , , , , , , ,