Tempat Wisata Di Bangka Belitung Terbaru

Daftar Tempat Objek Wisata Di Bangka BelitungKepulauan Bangka Belitung dulunya merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. Provinsi Bangka Belitung secara umum terdiri atas 2 pulau besar yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung dengan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Kawasan Bangka Belitung sudah sejak lama dikenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia. Kata Bangka sendiri berasal dari kata vangka yang berarti timah karena banyaknya timah yang terkandung pada pulau tersebut. Lalu bagaimana dengan potensi tempat wisata di Bangka Belitung? Apakah potensi wisata di Bangka Belitung tidak kalah dengan potensi wisata di Bali atau Bandung?

Kepulauan Bangka Belitung atau sering disingkat Babel memang sangat identik dengan tambang timah. Namun selain timah, Bangka Belitung juga mempunyai potensi wisata yang indah terutama pantainya. Memang potensi wisata pantai di provinsi ini belum tergali sempurna karena kurangnya dukungan dari pemerintah pusat. Namun dengan populernya film Laskar Pelangi yang mengambil setting di Belitung seolah memperlihatkan sisi yang berbeda yang belum terjamah dari Bangka Belitung. Berikut ini adalah Daftar Tempat Wisata Di Bangka Belitung yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Wisata Pantai Tanjung Tinggi

Wisata Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi terletak 30 km dari Kota Tanjung Pandan, Belitung. Pantai ini menjadi sangat terkenal semenjak dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi yang fenomenal. Pantai ini dicirikan dengan batu-batu granit besar yang banyak tersebar di tepi pantai. Selain itu, pasir pantainya yang putih bercampur dengan birunya laut semakin membuat betah pengunjung untuk berlama-lama di pantai. Akomodasi juga sudah tercukupi dengan mulai munculnya resort dan penginapan di kawasan pantai.

Pantai Pasir Padi Bangka Belitung

Wisata Pantai Pasir Padi

Wisata Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi berjarak 7 km dari ibukota Provinsi Bangka Belitung Pangkal Pinang. Pantai ini menjadi salah satu favorit tempat wisata di Bangka Belitung karena menawarkan pemandangan alam yang indah serta aksesnya yang dekat dari Pangkal Pinang. Daya tarik utama pantai ini adalah hamparan pasir putihnya yang luas. Di pantai ini pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas belitung yang didominasi sea food serta gebung yaitu semacam ikan dengan daging lembut dan lezat.

Pantai Matras Bangka

Wisata Pantai Matras

Wisata Pantai Matras

Dibandingkan dengan pantai-pantai di Bangka, Pantai Matras belum terlalu banyak diekspos bahkan diolah. Pantainya masih bersih dan alami. Pantai yang terletak di desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai ini menawarkan keindahan pantai yang dibalut dengan pasir putih dan aneka bebatuan di tepi pantai. Satu hal yang menarik yang membedakan Pantai Matras dengan pantai di sekitarnya adalah adanya danau air tawar kecil di bibir pantai. Danau tersebut airnya sangat jernih dan dangkal sehingga aman untuk berbilas atau sekedar bermain air.

Pantai Parai Tenggiri Bangka

Wisata Pantai Parai Tenggiri

Wisata Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri terletak di daerah Sungai Liat, Bangka. Lokasi pantainya tidak begitu jauh dari Bandara Deputi Amir, kira-kira satu jam dengan kendaraan bermotor. Pantai ini sudah dilengkapi dengan aneka resort bahkan hotel berbintang. Oleh karena itu kawasan ini disebut-sebut sebagai pantai termahal di Bangka. Namun Pantai Parai memang mempunyai pemandangan alam yang menakjubkan. Pasirnya putih dengan laut biru yang menawan. Batu-batu granit raksasa yang tersebar di bibir pantai semakin menambah eksotis pantai ini.

Bangka Belitung memang sangat tepat bagi anda yang menyukai alam pantai. Pantai-pantai di Bangka Belitung tidak kalah dengan pantai di Bali seperti Pantai Sanur, Kuta, atau Seminyak. Mungkin hanya publikasi yang kurang sehingga tempat-tempat wisata di Bangka Belitung belum banyak dilirik oleh para wisatawan.

Melihat potensi yang ada, tempat-tempat wisata di Bangka Belitung layak diangkat menjadi salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Adanya film berlatar Belitung seperti Laskar Pelangi secara tidak langsung juga membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi pantai yang ada di provinsi tersebut. Anda yang sudah bosan dengan pantai-pantai di Bali atau Lombok mungkin bisa mencoba pantai-pantai yang masih asri dan alami yang tersebar di Kepulauan Bangka Belitung ini.

Tags: , , , , , , , , ,