Objek Wisata Tanah Lot di Bali

Lokasi Tempat Objek Wisata Tanah Lot di Bali – Tanah Lot merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di Bali dan menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Tanah Lot dalam bahasa Bali berarti “Tanah di tengah lautan”. Di Tanah Lot ada dua pura yang terletak di atas batu besar.

Wisata Tanah Lot di Bali

Wisata Tanah Lot di Bali

Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam di laut lepas dengan latar pura tanah lot akan menjadikan panorama yang menakjubkan, turis mancanegara maupun lokal biasanya berkunjung pada sore hari untuk melihat keindahan sunset di Tanah Lot. Upacara di pura Tanah lot bisanya dirayakan setiap 210 hari, perayaan Galungan dan Kuningan, tepat pada Hari Suci Buda Semeng Langkir.

Wisata Pura Tanah Lot merupakan Pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot ini merupakan pura laut yaitu tempat pemujaan bagi dewa-dewa penjaga laut Bali. Menurut legenda, pura tanah lot ini dibangun pada abad 16 oleh seorang Brahma dari Jawa bernama Danghyang Nirartha yang mana dengan kesaktiannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai dan membangun pura tanahlot disana.

Pura Tanah Lot Bali merupakan salah satu pura terbesar di pulau Bali. Pada sebelah utara letak pura tanah lot, ada sebuah gua dibawah tebing dimana terdapat seekor ular laut yang dikeramatkan. Ular laut beracun itu berwarna belang hitam dan kuning , konon menurut mitos adalah selendang Dang Hyang Nirartha yang terlepas pada saat bertapa dan dipercaya menjadi penjaga pura tanahlot. Ditempat tanah lot ini terdapat pula sumber air tawar yang bernama Tirta Pabersihan.

Tags: , , , , , , , ,