Daftar Tempat Wisata Menarik di Singapura

Daftar Tempat Objek Wisata di Singapura – Tempat wisata di Singapura memang menawarkan keindahan yang beragam mulai dari Marina Bay, Esplanade, Patung Merlion, Fountain of Wealth dll. Patung Merlion, merupakan simbol negara Singapura yang rasanya sayang kalau terlewatkan saat Anda berkunjung ke Singapura.

Patung Merlion

Patung Merlion

Berikut ini adalah beberapa daftar tempat menarik terbaik di Singapura yang patut Anda kunjungi.

Kampung Arab (Arab Street/Kampong Glam)
Terletak di North Bridge Road. Di daerah ini terletak Mesjid Sultan (Sultan Mosque) dan Malay Heritage Centre. Cara ke sana: MRT stasiun Bugis.

China Town
Terletak di area yang dibatasi dengan jalan Upper Pickering Street, Cantonment Road, New Bridge Road dan South Bridge Road. Tempat menarik: Kuil Thian Hock Keng, Pura Sri Mariamman, Smith Street Wet Market, Food Street. Cara ke sana: MRT stasiun Chinatown atau Outram Park.

Little India
Terletak sepanjang Serangoon Road. Tempat menarik: Masjid Abdul Gafoor, Kuil dan Pura. Cara ke sana: MRT stasion Little India dan Farrer Park.

Katong
Terletak di East Coast Road dan joo Chiat Road, tempat jajanan makanan yang menarik dari berbagai penjuru. Cara ke sana: MRT stasion Paya Lebar atau Eunos.

City Hall dan Padang
Terletak di antara Connaught Drive dan St. Andrew’s Road. Lapangan luas tempat bersejarah berdirinya negara Singapura. Cara ke sana: MRT terdekat stasiun City Hall.

Raffles Hotel
Selain terkenal sebagai hotel pertama di Singapura, di hotel ini terdapat Museum yang menampilkan sejarah mulai dari terbentuknya hotel Raffles hingga karya-karya perancang busana internasional. Cara ke sana: MRT terdekat stasiun City Hall.

Raffles Landing Site
Tempat pendaratan pertama Gubernur Singapura Sir Stamford Raffles. Di area ini yang menghadap Sungai Singapura, terdapat patung replika Raffles yang berwarna putih. Patung asli yang terbuat dari perunggu berwarna hitam terletak di Victoria Concert Hall, sekitar 500 meter dari tempat ini. Tempat menarik di sekitar ini: Clarke Quay, Masjid Omar Kampong Malaka, Kuil Tan Si Chong Su, Esplanade, Patung Merlion, Berlayar di Sungai Singapura dan Asian Civilisations Museum ata Empress Place. Cara Ke sana: MRT terdekat Raffles Place atau Clarke Quay.

Bideford Junction Crosswalk
Terletak di daerah Orchard, antara Paragon, Park Hotel at Orchard, Meritus Mandarin Hotel dan Ngee Ann City. Setiap hari mulai pk 19.30, setiap 30 menit lalu lintas di Bideford Junction akan berhenti selama satu menit. Selama waktu ini, daerah itu disirami oleh empat skenario tata cahaya yang mempesona, yaitu: “Singapura Kota Taman”, “Berjalan Di Air”, “Aurora (Cahaya Kutub Utara)” dan “Langit Malam Berbintang”. Cara ke sana: Stasion MRT Orchard.

Haw Par Villa
Terletak di Pasir Panjang Road, taman berisi patung dan diorama tentang kebudayaan Cina. Lihat juga patung Budha Tersenyum (Laughing Budha), the Goddest of Mercy (Dewa Kasih Sayang) dan Ten Courts of Hell. Cara ke sana: MRT stasiun terdekat HarbourFront diteruskan dengan naik bus.

Carlsberg Sky Tower
Terletak di sebelah stasiun kereta gantung ke pulau Sentosa. Carlsberg Sky Tower memberikan pemandangan ke seluruh kota Singapura, Sentosa, Southern Islands bahkan Malaysia dan Batam dari ketinggian 130 meter. Tiket masuk S$10/ dewasa dan S$6 (anak 12 tahun ke bawah).

DHL Balloon
Terletak di Tan Quee Lan Street, Bugis. Balon ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Balon ini dapat membawa 29 penumpang dan terbang sampai ke ketinggian 150 m (40 lantai), untuk menyingkap sebuah pemandangan kota yang mempesona seluas 360 derajat. Selama 7 – 10 menit, kita akan terbang melihat seluruh pelosok kota. Jam Buka Senin s/d Minggu: 11.00 s/d 21:30. Tiket masuk: dewasa SGD23, anak-anak SGD13 (3 – 12 th), Anak-anak di bawah 3 tahun SGD2. Cara ke sana: Naik MRT dan turun di stasiun Bugis (EW12) lalu berjalan ke tanah lapang di samping 7th Storey Hotel.

G-Max Reverse Bungy
Bungy pertama di Singapura. Jam buka Senin s/d Kamis: 3 siang s/d 1 pagi. Tiket masuk $40 per orang. Lokasi di Clarke Quay, River Valley Road. Cara ke sana: Naiklah MRT lalu turun di stasiun Clarke Quay, keluar di Eu Tong Sen Street lalu belok kiri dan menyeberangi Coleman Bridge.

Downtown East (Daerah Timur Pusat Kota)
Taman wisata Escape Theme Park (seperti Dufan Ancol) dan Wild Wild Wet (WWW-seperti Gelanggang Samudera-Tempat Bermain Air). Tarif masuk Escape Theme Park: dewasa SGD 16.50, anak-anak (usia 3 sampai 12 tahun) SGD 8.30. Naik wahana tak terbatas. WWW: dewasa SGD 12.90, anak-anak (usia 3 sampai 12 tahun) SGD 8.80. Lokasi di: Pasir Ris Close. Cara ke Sana: Naik MRT ke Pasir Ris Station (EW1) lalu naik bis SBS nomor 354 dari tempat pergantian bis (bus interchange) atau berjalan selama 5 menit untuk mencapai NTUC Lifestyle World.

Singapore City Gallery
Ruang pamer arsitektur negara Singapore dalam bentuk miniatur. Ada sekitar 50 pameran yang dapat dicoba dan terminal layar-sentuh, galeri ini menjanjikan sebuah pengalaman yang seru dan membuka wawasan kita tentang pertumbuhan Singapore. Jam Buka: 9.00 – 17.00 (Senin s/d Sabtu), Hari Minggu dan hari libur umum tutup. Tiket Masuk: Gratis. Lokasi : The URA Centre, Maxwell Road. Cara ke Sana: Naiklah MRT turun di Tanjong Pagar Station (EW 15).

Singapore Discovery Centre
Ruang hiburan, atraksi dan informasi yang terdiri dari 5 galeri utama dengan 8 tema yang berbeda. Kita dapat memasuki masa lalu, masa kini dan masa depan Singapura, berkelana dalam waktu ke saat-saat penting dalam negara dan mengalami peristiwa demi peristiwa secara langsung. Yang paling menarik adalah “studio desain” interaktif, Visionarium merupakan sebuah bola dunia raksasa yang memiliki layar selubung 360 derajat di dalamnya. Dalam setiap sesi, sekitar 120 orang dapat mengambil pilihan kreatif untuk mengubah Singapura menjadi salah kota terbaik di dunia untuk tinggal, bekerja dan bersenang-senang. Tiket bervariasi mulai dari 6 SGD sampai 45 SGD, tergantung wahana/permainan.

Jam buka : pk. 9.00 – 18.00 dari Selasa sampai Minggu, dan pk. 9.00 – 20.00 saat Sabtu. Hari Senin tutup, kecuali saat libur sekolah dan libur umum. Lokasi : Upper Jurong Road Singapore. Cara ke Sana: Naik Bis SBS no. 193 & 182 dari Stasiun MRT Boon Lay .

Singapore Flyer (Kincir Angin)
Terletak di Marina Bay, dengan diameter roda hingga ketinggian 165 meter. Kita dapat menyaksikan pemandangan Singapura, seperti Marina Bay, Gedung Esplanade, Pulau Batam, dll. Jam buka setiap hari dari pukul 8:30 s/d 22:30. Lokasi di Raffles Avenue. Cara ke sana: Naik MRT ke Stasion City Hall, jalan kaki ke arah Marina Bay.

Singapore Science Centre
Singapore Science Centre memiliki sekitar 850 lebih wahana interaktif yang menggambarkan keajaiban dan keindahan ilmu pengetahuan. Selain itu ada juga Kinetic Garden yaitu taman iptek interaktif luar-ruang pertama di Asia. Selain galeri pertunjukan utama, Omni-Theatre merupakan biskop dan dilengkapi Virtual Voyages Simulation Theatre dengan 18 kursi, tempat para penonton mengalami fenomena iptek secara visual sekaligus fisik, dengan sebuah kisah petualangan selama 15 menit.

Jam Buka : Setiap hari dan hari libur sekolah, kecuali Senin. Antara jam 10.00 pagi sampai 18.00 sore. Tiket Masuk: dewasa SGD 6, anak-anak (di bawah 16 tahun) SGD 3, lansia SGD 3.60. Pertunjukan Film Omnimax: dewasa SGD 10, anak-anak (3 sampai 12 tahun) SGD 5, lansia SGD 7. Film IMAX DMR: SGD 12 per orang (hari kerja), SGD 15 per orang (akhir pekan/hari libur umum).

Lokasi: Science Centre Road, Jurong East. Cara ke sana: Naik MRT ke Jurong East Station (EW24/NS1) lalu naik bis SBS nomor 335.

Ski 360°
Ski kabel (atau main ski tapi pakai kabel) adalah ski air yang ditarik oleh sebuah kabel di atas. Kecepatan laju kabel tersebut sama sekitar 58 kilometer perjam (sama seperti kecepatan speed boat). Jam buka: Senin – Jumat: 10.00 s/d 22.00. Sabtu, Minggu, Hari Libur: 9.00 s/d 22.00.

Lokasi: East Coast Parkway Singapore. Cara ke sana: dengan bis: 401 dari Bedok Interchange.

Song of The Sea
Berlokasi di laut pulau Santosa, pertunjukan ini menampilkan permainan api, laser, jet air, ledakan lidah api dan pencitraan komputer dilengkapi dengan lagu-lagu. Jam buka : Setiap malam, 19:40 dan 20:40. Tiket masuk: SGD 6 (dewasa / anak-anak). Lokasi : Beach Station. P. Santosa.

Tempat Lain yang menarik di Singapura :

– The Largest Fountain at Suntec City.

– The Chijmes.

– Marina Bay.

– Bugis Village.

– Universal Studio Singapore.

– Vivocity

Musium :

Asian Civillisations Museum
Letak: Empress Place. Cara ke sana: MRT: Raffles Place. Biaya masuk: SGD 8 (dewasa), SGD 4 (anak)

Budha Tooth Relic Temple
Letak: South Bridge Road. Cara ke sana: MRT stasion Chinatown. Biaya masuk: gratis

Chinatown Heritage Center
Letak: Pagoda Street. Cara ke sana: MRT stasion Chinatown. Biaya masuk: SGD 9,80 (dewasa), SGD 6,30 (anak)

Hua Song
Letak: Haw Par Villa, Pasir Panjang Road. Cara ke sana: MRT Harbourtfront + Bus. Biaya masuk: SGD 8,60 (dewasa) dan SGD 5,35 (anak)

MINT Museum for Toys
Letak: Seah Street. Cara ke sana: MRT City Hall. Biaya masuk: SGD 10 (dewasa), SGD 5 (anak dan lansia), untuk paket keluarga harga lebih murah.

National Museum of singapore
Letak: Stamford Road. Cara ke sana: MRT terdekat stasion Dhoby Ghaut, atau Bus Kota. Biaya masuk: SGD 10 (dewasa), SGD 5 (anak dan lansia)

NUS Museum
Letak: National University of Singapore, Kent Bridge Crescent. Cara ke sana: MRT terdekat Clementi. Biaya masuk: gratis.

Nei Xue Tang
Letak: Cantonment Road. Cara ke sana: MRT terdekat Otram Park. Biaya masuk: SGD 5 (dewasa) dan SGD 3 (anak).

Singapore Art Museum
Letak: Bras Basah Road, cara ke sana: MRT City Hall atau Dhoby Ghaut. Biaya masuk: SGD 8 (dewasa) dan SGD 4 (anak & lansia)

Singapore philatelic Museum
Letak: Coleman Street. Cara ke sana: MRT stasion City Hall. Biaya masuk: SGD 5 (dewasa) dan SGD 4 (anak)

Sun Yat Seng Nanyang Memorial Hall
Letak: Tai Gin Road (off Ah Hood Road). Cara ke sana: MRT stasion Toa Payoh. Biaya masuk: SGD 3 (dewasa) dan SGD 2 (anak dan lansia)

Changi Chapel Museum
Letak: Upper Changi Road North. Cara ke sana: MRT stasion Tanah Merah atau Tampines. Biaya masuk: gratis.

Malay Heritage Center
Letak: Jalan Sultan Gate. Cara ke sana: MRT stasion Bugis. Biaya masuk: SGD 3 (dewasa) dan SGD 2 (anak)

Fort Siloso, World War II Heritage Sites.
Letak: Pulau Santosa. Cara ke sana: Santosa Bus dari harbourfront atau Cable Car. Transfer dengan Kereta Monorail. Biaya masuk: SGD 8 (dewasa) dan SGD 5 (anak)

Johore Battery, World War II Heritage Sites
Letak: Cusford Road (off Upper Changi Road North). Cara ke sana: MRT stasion Tanah Merah atau Tampines. Biaya masuk: gratis.

Kranji War Memorial, World War II Heritage Sites
Letak: Woodlands Road. Cara ke sana: MRT stasion Kranji atau Bus 170. Biaya masuk: gratis.

Labrador Scret Tunnel, World War II Heritage Sites
Letak: Labrador Park. Cara ke sana: MRT Harbourfront disambung Bus. Biaya masuk: SGD 8,60 (dewasa) dan SGD 5,35 (anak)

Memories at Old Ford Factory, World War II Heritage Sites
Letak: Upper Bukit Timah Road. Cara ke sana: MRT stasion Bukit Batok disambung Bus 173. Biaya masuk: SGD 3 (dewasa) dan SGD 2,50 (anak dan Lansia)

Opium Hill, World War II Heritage Sites
Letak: Pepys Road. Cara ke sana: Buona Vista atau Redhill. Biaya masuk: SGD 2 (dewasa) dan SGD 1 (anak dan lansia)

The Battle Box, World War II Heritage Sites
Letak: Canning Rise. Cara ke sana: MRT stasion Dhoby Ghaut. Biaya masuk: SGD 8 (dewasa) dan SGD 5 (anak).

Nah, itulah beberapa Daftar Tempat Wisata Menarik di Singapura yang bisa Anda jadikan rekomendasi wisata Anda. Selamat berlibur 😀

Tags: , , , , , , , , ,