Keindahan Wisata Pulau Wakatobi

Tempat Objek Wisata Pulau Wakatobi Sulawesi Tenggara – Dengan keindahan alam yang berlimpah, membentang di kaki Tenggara Pulau Sulawesi yang seperti huruf K. Wakatobi terbentuk dari rangkaian 142 pulau besar dan kecil. Di selah pulau-pulaunya, perairan tropis mengisi 97 persen wilayah Wakatobi. Tak hanya samuderanya yang mendominasi begitu juga warna-warni terumbu karang beserta biota laut yang menghiasi perairan Wakatobi. Berada di wilayah Wallacea mintakat daratan kepulauan yang menyatu dengan lautan yang memberi citra miniatur Nusantara. Wallacea merupakan daerah penyela antara Asia dengan Australia yang memiliki keunikan flora dan fauna.

Pulau Wakatobi

Pulau Wakatobi

Pulau Binongko Wakatobi

Pulau Binongko Wakatobi

Pulau Tomia Wakatobi

Pulau Tomia Wakatobi

Pulau Wangi Wangi Wakatobi

Pulau Wangi Wangi Wakatobi

Pulau Kaledupa Wakatobi

Pulau Kaledupa Wakatobi

Menyambangi Wakatobi berarti juga melompat-lompat antar pulau. Nama Wakatobi sendiri terdiri berasal dari pemetikan empat pulau besar yaitu Pulau Wangi-Wangi, Tomia, dan Binongko. Lantaran keindahan alam kepulauan dan bergabung pada sumber daya lautnya, Wakatobi menabalkan diri sebagai kabupaten konservasi bahari.

Laut yang hening, bentangan pasir putih dan pulau hijau yang kokoh mengapung merupakan panorama yang akan selalu mengiringi tatapan mata. Cakrawala Wakatobi selalu berhias bertemunya biru langit dengan biru laut. Sepanjang pelayaran, kawanan lumba-lumba biasa mengiringi kapal laut. Perairan di Sulawesi Tenggara ini juga menyimpan keindahan yang tiada tara di kedalaman lautnya.

Tak kurang ada 942 jenis ikan hidup di sela-sela 750 jenis terumbu karang. Balai Taman Nasional Wakatobi mencatat beraneka makhluk laut yang hidup di sini yang terdiri 396 jenis karang keras, 28 marga karang lunak, dan 31 jenis karang jamur. Selain itu, 590 jenis ikan karang, 9 jenis lamun, 11 jenis paus, dan 3 jenis penyu menambah daftar panjang kekayaan Wakatobi.

Nama besar Wakatobi memang dikibarkan oleh keindahan bawah lautnya. Surga terumbu karang beserta ikan karangnya mencakup dalam kawasan yang tenar disebut Segitiga Terumbu Karang. Matra samudera yang kaya sumber daya ikan ini menghampar meliputi enam negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini dan Kepulauan Solomon. Sejak lama para penyelam telah menjelajahi dan menikmati keindahan surga biru Wisata Pulau Wakatobi.

Tags: , , , , , ,