Pesona Pulau Wunga Nias Utara

Tempat Objek Wisata Pulau Wunga Nias UtaraKeindahan Pulau Wunga memang wajib kita menikmatinya, Pulau Wunga merupakan pulau terluar dari Indonesia dan merupakan pulau yang berbatasan langsung dengan samudra hindia. Pulau yang memiliki luas 9 km2, yang terletak di sesa Afulu, Nias, Sumatera Utara ini banyak dikelilingi oleh hamparan terumbu karang.

Pulau Wunga

Pulau Wunga

Di Pulau Wunga selain terdapat hamparan terumbu karang, juga banyak terdapat beberapa jenis pohon yang berukuran besar, tumbuhan perdu, beberapa jenis tanaman rawa, mangrove, dan pohon kelapa, yang menjadikan Wungu sebagai obyek wisata andalan di kabupaten Nias ini.

Potensi sumber daya alam Pulau Wunga selain perikanan yang menjadi andalan masyarakat adalah kebun kelapa, kopra merupakan aktivitas utama masyarakat yang berada di Pulau Wunga ini. Spesies binatang yang ditemukan di daratan Pulau Wunga antara lain beberapa jenis reptil kecil, umang hutan, burung gagak, dan binatang-binatang semak seperti nyamuk dan mrutu. Sedangkan kondisi perairan laut di Pulau Wunga sangat dipengaruhi oleh karakteristik laut lepas Samudera Hindia sehingga memiliki ombak dan gelombang laut yang sangat besar.

Untuk akses menuju Pulau Wunga dapat di akses dari Medan menuju Gunungsitoli yang berada di ibukota Kabupaten Nias, kemudian dilanjutkan dengan kendaraan roda empat menuju Desa Afulu selama kurang lebih 5 jam, Dari Desa Afulu Anda dapat menyewa kapal motor selama 2 jam untuk mencapai pulau tersebut.

Tags: , , , ,