Gudeg Ceker Seturan Khas Jogja

Makanan Gudeg Ceker Seturan Khas Jogja – Jika gudeg Jogja selama ini dikenal dengan gudeg yang berasa manis, lain halnya dengan satu ini. Ya gudeg ceker Seturan, Jogja dikenal dengan rasanya yang didominasi dengan gurih dan pedas. Ditambah dengan cekernya yang empuk dan lezat. Hmm, dijamin ketagihan.

Gudeg Ceker Seturan

Gudeg Ceker Seturan

Pengelola Gudeg Ceker Seturan, Sulardi saat ditemui di warung yang berlokasi di utara STIE YKPN, Jalan Seturan Yogyakarta, mengatakan gudeg ceker ini sudah dibuka sejak tahun 2005 yang lalu dan yang pertama kalinya menyajikan gudeg ceker di Yogyakarta. Dilatarbelakangi banyaknya masyarakat yang ada di Yogyakarta adalah mayoritas pendatang dari luar daearah dan belum tentu menyukai rasa manis maka dibukalah warung Gudeg Ceker Seturan ini.

“Kebanyakan yang tinggal dan berkunjung di Yogya pastilah orang luar daerah yang tidak terlalu menyukai rasa yang dominan sangat manis, maka dibuatlah gudeg ceker ini dengan rasa yang lebih mengena di lidah semua orang yaitu gurih dan sedikit pedas,” kata Sulardi.

Sulardi mengatakan sajian gudeg ceker ini, cekernya disajikan terpisah dengan gudeg dan nasi agar lebih memudahkan memakannya. Dalam satu porsi gudeg ceker ada 4 ceker yang disajikan dalam piring kecil dan gudeg beserta tambahan lauk yang lain sesuai pesanan pembeli beserta nasi dalam piring yang berbeda di hargai Rp.7.500. Jika ingin membeli cekernya saja satu porsi berisi 8 ceker dihargai Rp.8.000 dan apabila membeli beserta sayur gudegnya hanya dijual Rp.10.000.

Lebih lanjt Sulardi mengatakan, dalam satu hari pembuatan ceker agar menjadi lunak dan gurih dipadukan dengan gudeg yang pedas membutuhkan waktu 4 sampai 5 jam dan menghabiskan 60 kg ceker setiap harinya untuk diolah. Dengan cara pengolahan yang mempunyai trik tersendiri inilah, gudeg ceker ini banyak diminati pembeli dan menjadi tujuan kuliner setiap pendatang dari luar kota untuk mencicipi gudeg Yogya yang beda daripada aslinya tanpa menghilangkan ke khasan gudeg itu tersendiri.

Warung Gudeg Ceker Seturan Khas Jogja ini mulai buka pada pukul 18.00 – 22.30 WIB kecuali hari Rabu tutup. Selain menjual gudeg ceker, warung ini juga menjual gudeg komplit dan nasi liwet pincuk solo untuk menambah pilihan menu kuliner pembeli yang datang.

Tags: , , , , , , ,