Wisata Pulau Banda Naira Ambon Maluku

Wisata Kepulauan Banda Ambon Maluku – Selain Wisata Raja Ampat  pulau yang eksotis ini memang jarang, namun kesabaranmu untuk sampai ke pulau ini akan terbayar tuntas saat kamu datang, dan menjelajahi sepotong surga yang tersaji. Pulau Banda, menawarkan keindahan surga tropis yang telah dikenal bahkan sejak abad pertama masehi oleh para pelaut mancanegara.

Wisata Banda Naira

Wisata Banda Naira

Telah menjadi produsen tunggal rempah-rempah seperti pala dan fuli sejak abad pertama masehi. Pulau Banda menjadi destinasi banyak kapal dari Cina, India, dan Arab untuk mencari rempah-rempah yang begitu bernilai pada masa itu. Rempah-rempah ini sangat berharga dan dijual dengan keuntungan yang sangat besar di pasar dunia saat itu. Masyarakat Banda sangat bertumpu pada sumber daya alam rempah rempah hingga berubah setelah Belanda memonopoli perdagangan rempah-rempah dunia.

Pulau Banda memang hanya sekumpulan pulau kecil yang terdiri dari 3 pulau besar dan tujuh pulau yang lebih kecil, namun memiki reputasi yang sangat besar sejak zaman dahulu. Kepulauan ini terletak di tepi jurang bawah laut terdalam Indonesia yaitu Laut Banda. Perairan di sini dapat mencapai kedalaman lebih dari 6.500 meter.

Pohon pala akan banyak kamu temui di dua pulau terbesar di Banda, yaitu di Pulau Banda Besar dan Pulau Naira. Pulau ketiga yang bernama Gunung Api atau ‘puncak api’ adalah gunung berapi aktif. Beberapa Taman Laut yang sangant spektakuler akan kamu temui di 3 pulau ini. Terumbu karang yang perawan, warna-warni ikan, air sebening kristal, akan menghipnotismu untuk tetap berada di dalam perairannya. Pulau Banda, akan menjadi tempat yang sempurna untuk kamu si penggila wisata bahari.

Pulau Banda terletak 132 km tenggara Ambon Maluku, memang Kepulauan Banda adalah daerah terpencil, namun jangan pernah remehkan keindahannya. Dengan terumbu karang berwarna warni, perairan laut hangat, dan kehidupan laut yang eksotis. Banda adalah surga bagi para penyelam dari seluruh dunia untuk menjelajahi sebuah tempat menyelam yang paling terpencil dan sangat alami di dunia. Fakta lainnya, Kepulauan Banda adalah salah satu tujuan wisata bahari yang populer di kalangan para penyelam dunia.

Kepulauan Banda merupakan salah satu tujuan wisata Indonesia yang paling populer bagi para penyelam. Tak peduli kamu ahli ataupun pemula, kamu dapat menyelami keeksotisan Kepulauan Banda, dari laguna dangkal di antara Banda neira dan Gunung Api hingga ke dinding vertikal di Pulau Hatta.

Ketika kamu menjelajahi permukaan bawah laut maka kamu akan melihat berbagai kehidupan laut yang mempesona, mulai dari hiu, kura-kura besar, ikan napoleon wrasse, ikan kerapu raksasa, tuna, sinar mobula, cepluk redtooth, berbagai spesies ikan paus, lumba-lumba pemintal, dan kerabat dekat lobster besar, hingga ikan karang yang jinak atau ikan endemik lepu ambon.

Untuk menyebrang antar pulau di Kepulauan Banda, kamu perlu merogoh kocekmu, dan mengeluarkan ongkos sekitar Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 500.000. Jadi, pintar-pintarlah dalam melakukan negoisasi.

Transportasi Ke Pulau Banda

Mengawali perjalanan dari Ambon sebagai Ibukota Pulau Ambon adalah cara termudah untuk datang ke Pulau Banda. Untuk ke Ambon, kamu bisa langsung terbang dari Denpasar Bali yang transit di Makassar.

Dari Jakarta, Garuda Indonesia terbang transit di Bandara Hasanuddin-Makassar, atau Denpasar-Bali (DPS) sebelum sampai di Bandara Pattimura di Ambon.

Penerbangan lainnya adalah dari Langur-Maluku Tengah (LUV), Juanda-Surabaya (SUB), dan Jeffman-Sorong, Papua (SOQ).

Lion Air, Batavia Air, dan Mandala Airlines melayani jalur Ambon-Jakarta dengan transit di Makassar atau Surabaya.

Dari Ambon, kamu harus mencarter pesawat kecil atau terbang bersama Merpati Airlines yang akan mengantarmu ke Banda Naira. Perlu kamu ingat, tidak ada penerbangan pulang-pergi. Penerbangan beroperasi seminggu sekali atau setiap dua minggu. Itulah yang menyebabkan Pulau Banda adalah surga pariwisata yang sunyi, namun sangat tepat untuk menenangkan dirimu.

Perlu alternatif lain? Kamu bisa menyeberangi Laut Banda dengan feri. Pelni menyediakan kapal feri dua kali seminggu dengan kapal KM Ciremai dari Ambon ke Bandaneira.
Taman Bawah Laut Pulau Banda

Akomodasi Di Pulau Banda

Hotel / Penginapan Rosmina adalah penginapan yang kami rekomendasikan, terletak di depan Benteng Nassau, tarif penginapan Rosmina terakhir kali kami kesana adalah Rp. 80.000. Harga yang sangat murah di tempat wisata yang menawarkan pemandangan yang ciamik.

Tak dapat kamar di Penginapan Rosmina? Tak perlu pusing, karena Banda Naira memiliki banyak penginapan yang bisa kamu pilih. Di luar Neira, ada sebuah penginapan di Desa Lonthoir, dan beberapa di Pulau Ay.

Jika ingin bermalam di Run atau Hatta misalnya, datangilah kepala desa (biasa disebut raja) atau sekretaris desa. Jangan lupa untuk mengganti biaya makan yang memang disediakan untuk kita.

Jangan terkaget-kaget saat di perahu yang mengantar kita, orang-orang di perahu mengajak kita untuk menginap di rumahnya. Tak gratis memang, tapi cukup untuk menghemat biaya liburan ke Pulau Banda. Tak perlu cemas, penduduk di sana tidak materealistis.

Tunggu apalagi? Mari jelajahi rahasia alam dan keeksotisan peraian Wisata Pulau Banda Naira Ambon Maluku.

Tags: , , , , , , , ,