Mengenal Wisata Budaya Maluku Utara

Tempat Obyek Wisata Maluku Utara – Selain Raja Ampat Papua, Maluku Utara adalah surga tropis di Kawasan Timur Indonesia, disinilah tempat dimana kamu dapat menemukan wisata bahari, budaya, purbakala, sejarah, dan adat istiadat yang terjaga dengan baik.

Wisata Maluku Utara

Wisata Maluku Utara

Maluku Utara adalah wilayah yang dulunya masuk dalam kekuasaan 4 Kerajaan Islam terbesar di Bagian Timur Nusantara yang dikenal dengan sebutan Kesultanan Moloku Kie Raha (Kesultanan Empat Gunung di Maluku) yaitu Bacan, Jailolo, Ternate, dan Tidore.

Sofifi di Kecamatan Oba Utara menjadi Ibu kota bagi Maluku Utara sejak Sejak 4 Agustus 2010 menggantikan Ternate sebagai kota terbesar di Maluku Utara.

Provinsi Maluku Utara terdiri atas 395 pulau besar dan kecil yang tersebar di perairan yang menakjubkan. Pulau yang telah dihuni sebanyak 64 buah dan yang tidak dihuni sebanyak 331 buah. Bisa kamu bayangkan kamu datang ke pulau-pulau tak berpenghuni tersebut?

Pulau Dodola adalah salah pulau yang tidak berpenghuni di Maluku Utara. Pulau ini adalah contoh sempurna dari pantai tropis yang indah. Pasir putih seluas 16 km menghampar mengelilingi pantai, keindahan pulau ini ditambah lagi dengan jernihnya air laut disana. Kamu dapat melakukan banyak kegiatan menarik seperti berenang, berjemur, dan menyelam. Pulau Maitara juga menawarkan kehidupan laut yang fantastis. Pulau ini terletak di tengah Pulau Tidore dan Ternate.

Wisata alam di Maluku Utara tersebar hampir di seluruh wilayahnya, tak melulu pantai, ada juga hutan wisata sekaligus taman nasional dengan spesies endemik ranking ke 10 di dunia.

Kawasan suaka alam yang terdiri dari beberapa jenis, baik di daratan maupun di perairan laut seperti Cagar Alam Gunung Sibela di Pulau Bacan, Cagar Alam di Pulau Obi, Cagar Alam Taliabu di Pulau Taliabu dan Cagar Alam di Pulau Seho.

Kawasan Cagar Alam Budaya yang memiliki nilai sejarah kepurbakalaan tersebar di wilayah Provinsi Maluku Utara meliputi cagar alam budaya di Kota Ternate, Kota Tidore, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Tengah, Kabupaten Halmahera Selatan, dan Halmaerah Utara.

Kilas Sejarah Maluku Utara

Sejak abad ke 16, bangsa Eropa telah memburu rempah-rempah yang sangat berharga pada masa itu hingga ke Maluku Utara, Ternate dan Tidore adalah salah satu pusat dimana para bangsa Eropa mencoba untuk memonopolinya. Memang telah lama berlalu, tapi saat ini, rempah-rempah masih dianggap berharga meskipun tidak seberharga seperti sebelumnya. Pala dan cengkeh berlimpah di sini yang digunakan sebagai bumbu masakan dan permen.

Kadaton Sultan Ternate dan Kadaton Sultan Tidore adalah salah satu peninggalan-peninggalan sejarah masa silam yang dapat kamu temui . Kamu dapat melihat warisan kekayaan budaya dan sejarahnya di museum dan kedaton. Di Maluku Utara, kamu juga dapat mengunjungi bangunan yang fantastis yaitu Masjid Sultan yang berbentuk piramida, masjid ini terletak di sebelah selatan istana di Ternate.

Transportasi Menuju Maluku Utara

Untuk datang ke Maluku Utara, yang pertama harus kamu tuju adalah Ternate, dan Ternate dapat kamu capai dengan penerbangan domestik dari Jakarta melalui Makassar atau penerbangan langsung dari Makassar dan Manado.

Masyarakat dan Budaya Maluku Utara

Seperti halnya di Maluku, Maluku Utara diisi multietnik yang terdiri dari 28 sub etnis dengan 29 bahasa lokal. Islam menjadi agama mayoritas yang dipeluk oleh masyarakat di Maluku Utara.

Corak kehidupan sosial budaya masyarakat di provinsi Maluku Utara secara umum sangat tipikal yaitu perkawinan antara ciri budaya lokal Maluku Utara dan budaya Islam yang dianut empat kesultanan Islam di Maluku Utara pada masa lalu.

Kehidupan masyarakat Maluku Utara dipengaruhi oleh kondisi wilayahnya yang terdiri dari laut dan kepulauan, perbukitan, dan hutan-hutan tropis. Pada umumnya, desa-desa di Maluku Utara terletak di pesisir pantai dan sebagian besar lainnya berada di pulau-pulau kecil. Karena itulah pola kehidupan seperti menangkap ikan, berburu, bercocok tanaman, dan berdagang masih sangat mewarnai dinamika kehidupan sosial-ekonomi masyarakat Maluku Utara.

Kuliner Khas Maluku Utara

Makanan Halal jelas akan sangat mudah kamu temui di Maluku Utara karena Islam menjadi agama mayoritas di sana, Dan untuk kamu penyuka kuliner laut, Maluku Utara adalah surga untukmu karena banyaknya jenis kuliner laut yang dapat kamu temui disini.

Papeda adalah makanan khas di Ternate yang dapat kamu cicipi, selain di Ternate, kamu dapat temukan makanan khas Ternate yang satu ini di Papua. Selain itu papeda, Ketam Kenari, Halua Kenari, Bagea, Ikan Asap Fufu, dan Gohu Ikan adalah makanan-makanan khas Maluku Utara yang sangat menggugah seleraMu.

Untuk informasi lebih jelas tentang Pariwisata Maluku Utara, kamu dapat datang ke Kantor Pariwisata yang beralamat di alamat berikut ini :
Jl. Kamboja No.14 A, Ternate
Telp. (62-921) 326277, 327396

Tags: , , , , , , , , ,