Wisata Kota Takengon Aceh Tengah

Wisata Kota Takengon Aceh Tengah – Terletak di Kabupaten Aceh Tengah dan berbatasan dengan beberapa dataran tinggi, Kota Takengon yanbg secara geografis masuk di dalam rentetan dataran tinggi Gayo, telah menjadi salah satu tujuan wisata favorit para traveler karena letaknya yang strategis dan memiliki banyak potensi wisata.

Wisata Kota Takengon Aceh Tengah

Wisata Kota Takengon Aceh Tengah

Traveler yang berlibur ke Kota Takengon memang kebanyakan memilih Danau Laut Tawar sebagai tujuan utama. Karena Danau Laut Tawar merupakan obyek wisata terbesar di Kota Takengon, namun seperti yang kami tulis di atas, sebenarnya masih memiliki sangat banyak obyek wisata yang bisa kamu kunjungi. Sebut saja misalnya beberapa objek wisata Alam seperti Gua Puteri Pukes, Bukit Pantan Terong, Pantai Menye, dan objek wisata lainnya. Soal akomodasi, tidak usah khawatir, karena penginapan hingga hotel berbintang banyak tersedia di Kota Takengon.

Gua Putri Pukes

Gua Puteri Pukes berada di Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, sekitar 10-15 menit dari pusat kota Takengon. Saat tiba lokasi, kamu akan disambut tulisan “Putri Pukes, Manusia Jadi Batu”. Di dalam Gua Pukes ini memang ada sebuah batu yang berbentuk mirip manusia. Menurut masyarakat sekitar, batu ini adalah seorang putri Aceh bernama Putri Pukes yang dikutuk ibunya. versi lainnya menceritakan tentang anak yang tidak bisa menjauh dari sang ibu hingga menjadi batu. Tidak hanya batu, di dalamnya pun masih ada beberapa hal menarik lainnya yang layak untuk kamu lihat sebagai objek Wisata Kota Takengon yang menarik.

Bukit Pantan Terong

Pantan Terong adalah sebuah bukit yang terletak di puncak bukit dataran tinggi gayo. Dari tempat ini kita dapat melihat keindahan Kota Takengon, Danau Laut Tawar secara keseluruhan, lapangan pacuan kuda di kecamatan Pegasing, Ibukota Bener Meriah yang dulunya adalah bagian dari kota Takengon, bandara udara Rembele dari atas, dengan diapit serta dikelilingi punggung gunung bukit barisan yang elok nan indah.
Pemandangan Dari Bukit Pantan Terong Di Wisata Kota Takengong

Pemandangan dari Bukti Pantan Terong

Pantan Terong ini cukup sering dikunjungi wisatawan dan menjadi salah satu tujuan wisata kota takengon terfavorit karena selain pemandangan pantainya yang indah, pantai ini juga memiliki tempat untuk dijadikan lokasi terbang layang (gantole). Di Pantan Terong tersedia beberapa fasilitas pendukung lainnya untuk wisatawan seperti mushola, rumah panggung dan juga cafe. Untuk biaya masuk ke area ini cukup murah yaitu hanya Rp 2000 per orangnya, karena biaya itu dikutip untuk menjaga keindahan alam sekitar di area Pantan Terong ini.

Lokasi Kota Takengon berada di Kecamatan Bebesan, 7.5 km dari kota Takengon. Jalan menuju tempat wisata ini sangat bagus, jadi kamu tidak perlu khawatir bila ingin mengunjungi tempat wisata ini. Sayangnya, untuk menuju akses puncak Pantan Terong kamu harus membawa kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Selain itu kondisi kendaraan anda harus benar-benar dalam keadaan baik, karena terdapat beberapa tanjakan yang cukup terjal. Jadi siapkan kendaraan anda dalam keadaan prima untuk kenyamanan anda dalam menempuh perjalanan ke Pantan Terong ini.

Setelah anda mencapai puncak Pantan Terong ini anda dapat menikmati keindahan seluruh Kota Takengon dari atas puncak Pantan Terong ini sambil berfoto ria seperti yang saya lakukan bersama-sama dengan teman-teman saya. Dengan wajah penuh senyum dan ekspresi yang bahagia, camdig dan camera handphone pun mengabadikan momen di Puncak Pantan Terong ini.

Selain wisata alam, wisata budaya di Kota Takengon juga tak kalah menarik. Di Takengon kamu dapat menyaksikan balapan kuda yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Balap Kuda Khas Takengon ini bahkan telah menjadi salah satu event wajib bagi masyarakat lokal. Apa yang menarik dari Balapan Kuda khas Takengon ini? Jika kamu menyaksikannya, perhatikanlah para jokinya. Ya, mereka adalah joki yang memiliki kemampuan mengendalikan kuda dengan sangat mengagumkan tapi berusia masih sangat muda!

Untuk menuju Kota Takengon, kita dapat mengambil rute melalui Kota Bireun. Kota Bireun merupakan salah satu kota besar yang berbatasan dengan Kota Takengon. Dari Bireun anda bisa naik mobil pribadi atau angkutan umum dengan lama perjalanan sekitar 5 jam. Jalan menuju Kota Takengon sudah tergolong baik dan cukup ramai dengan pemukiman penduduk meskipun juga masih banyak wilayah alam bebasnya yang indah. Dijamin perjalanan anda tidak akan terasa jenuh dengan memandangi pemandangan Kota Takengon Aceh Tengah yang menakjubkan.

Tags: , , , , , , , , , , ,