Air Terjun Nyarai, Objek Wisata Terkenal di Sumatera Barat

Air Terjun Nyarai, Objek Wisata Terkenal di Sumatera Barat – Kebanyakan orang lebih mengenal Air Terjun Lembah Anai di Sumatera Barat sebagai salah satu objek wisata terkenal yang ada di Sumatera Barat, namun jika kamu lebih sabar mencari sumber informasi, ada satu lagi air terjun yang harus kamu kunjungi ketika kamu berwisata ke Sumatera Barat. Namanya Air Terjun Nyarai. Jangan salahkan saya jika kamu datang ke Air Terjun ini dan malas untuk pulang ke kotamu, karena memang Air Terjun Nyarai yang berlokasi di kecamatan Lubung Alung ini memiliki pemandangan yang indah dan akan membuatmu berasa betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Air Terjun Nyarai Pariaman

Air Terjun Nyarai Pariaman

Dari Padang,kamu masih harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam. Lokasi Air Terjun Nyarai ini agak terpelosok dan membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan hiking dari mulut Hutan Gumaran, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Pariaman, Sumatera Barat. Perjalanan memang cukup berat, tapi kamu tidak perlu takut karena ada tim adventure yang akan “mengawal” perjalananmu.

Biasanya, perjalanan ke Air Terjun Nyarai dimulai dengan hiking yang akan memakan sedikit tenaga dan staminamu. Perjalanan diawali dengan melewati persawahan warga, kemudian mulai masuki ke Kawasan Hutan Lindung Gamaran selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Setelah dua jam perjalanan, kamu akan melewati sebuah sungai yang biasanya menjadi tempat istirahat sebelum kembali melanjutkan perjalananmu menuju Air Terjun Nyarai.

Selama perjalanan, kamu akan menjumpai beberapa spot menarik seperti batu berbentuk baret, sebuah goa kecil, dan bendungan tinggi yang alami. Selama tidak hujan, perjalanan menuju Air Terjun Nyarai sangat aman selama kamu melakukannya dengan baik. Kelelahan yang kamu rasakan tentu tidak akan terasa karena pemandangan untuk menuju Air Terjun Nyarai dapat menghilangkan lelahmu,apalagi ketika kamu sampai di lokasi air terjun. Saya jamin kamu akan sangat merasa senang karena telah sampai di salah satu tempat indah yang disediakan oleh Sang Pencipta.

Air Terjun Nyarai ini memiliki tinggi sekitar 8 meter. Jika kamu datang saat musim kemarau, air tidak terlalu kecil tapi kamu akan menemukan kolam berwarna hijau tepat di depan air terjunnya. Jika di musim hujan, air terjunnya deras dan sedikit keruh dan sangat tidak disarankan berkunjung ke Air Terjun Nyarai saat musim penghujan karena alasan keamanan perjalananmu. Jika diperhatikan, air yang turun dari Air Terjun Nyarai ini seperti dibendung oleh dua batu besar sebelum akhirnya masuk ke dalam kolam hijau itu.

Batu besar di depan air terjun itu membentuk sebuah kolam yang dasarnya bisa berwarna hijau, sangat indah dipandang mata. Di dalam kolam berwarna hijau itu banyak terdapat ikan, Jika kamu hobi memancing, kamu bisa memancing disana. Jangan sekali-sekali mencoba untuk menembaknya, jadilah pemancing yang bijaksana. Di kolam tersebut sudah tentu kamu bisa berenang sepuasnya

Tags: , , , , , ,