Wisata Pantai Teluk Kiluan Lampung

Ku2h.com – Teluk Kiluan di Lampung sana menjadi hot topik sejak beberapa tahun belakangan ini di kalangan traveler Indonesia, apalagi bagi mereka yang aktif di jejaring sosial seperti twitter. Padahal, jauh sebelumnya, wisatawan mancanegara telah lebih dulu mengetahui keberadaan tempat indah yang ada di Lampung ini.

Teluk Kiluan Lampung

Teluk Kiluan Lampung

Lokasi Teluk Kiluan di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung, adalah surga bagi lumba-lumba. Samudera yang luas disana menjadi kolam pertunjukan belasan lumba-lumba tersebut, Ada atau tidak ada orang yang menontonnya. Angin yang berembus di permukaan air laut yang membiru, menciptakan gelombang-gelombang kecil ombak beriring. Sapuan semilir itu seolah menjadi hitungan “satu-dua-tiga” bagi belasan lumba-lumba yang bercengkerama di bawahnya.
Teluk Kiluan Di Lampung

Seperti mendapat aba-aba, makhluk laut nan cantik itu menggelegak ke udara hingga seluruh tubuhnya telanjang oleh setiap mata yang menatap. Lalu, melengkung di udara, dan kepalanya menghunjam lagi ke air. Seperti mengantre, lumba-lumba itu berganti-ganti beratraksi. Sehingga, dalam jangka beberapa menit, pemandangan natural tanpa rekayasa itu tersaji tanpa henti.

Butuh waktu tiga sampai empat jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung untuk sampai di Teluk Kiluan yang mempesona. Jalan menanjak dan berkelok serta alam yang masih alami adalah hal yang akan kita temukan.

Pemandangan yang luar biasa indahnya sudah terlihat sepanjang perjalanan mengarungi teluk. Gugusan pulau dan batu karang yang diterjang ombak, hamparan pasir putih yang mengelilingi bibir pulau, burung camar yang beterbangan, dan angin sepoi-sepoi yang menyejukkan membuat semangat kembali menggelora setelah lelah berada di mobil.

Bentangan pasir putih yang mengelilingi hampir seluruh pulau menjadi daya tarik kuat Pulau Kiluan. Pesona yang dipancarkan alam Kiluan membuat siapa pun yang mengunjunginya berharap dapat kembali lagi ke sana.

Tak jauh dari Pulau Kiluan, ada satu lagi pantai yang sayang untuk tidak dikunjungi jika berada di Kiluan. Dari Pekon Kiluan Negeri butuh waktu sepuluh menit perjalanan dengan mengendarai sepeda motor untuk sampai di pantai Pasir Putih. Pantai Pasir Putih memiliki ombak yang lebih besar dibandingkan dengan yang ada di Teluk Kiluan, sangat cocok bagi yang hobi menyelam. Di sisi pantai sebelah kanan ada deretan bebatuan karang yang menjulang tinggi sebagai pemecah ombak.

Sekarang ini untuk menuju kesana kamu tidak perlu repot memikirkan bagaimana cara nya bisa sampai ke Teluk Kiluan,karena sudah banyak agent travel yang menjual paket wisata ke Teluk Kiluan.

Namun untuk kamu yang hobi melakukan perjalanan Backpacker, tips Backpacker ke Teluan Kiluan ini bisa kamu jadikan panduan :

Kalau kamu pikir sebaris bayangan hitam itu adalah batu, kamu salah, karena itu adalah lumba-lumba yang ada di Teluk Kiluan

Bagaimana cara Ke Teluk Kiluan?

Alamat Teluk Kiluan terletak di Desa Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Lampung, dari Kota Bandar Lampung jarak nya sekitar 90km, Butuh waktu 2 sampai 3 jam untuk sampai di Teluk Kiluan, hal ini disebabkan karena adanya beberapa akses jalan yang masih rusak dan masih menunggu janji pemerintah daerah untuk memperbaikinya. Jika kamu menyewa mobil tarifnya sekitar Rp. 400.000 sampai dengan Rp. 500.000, sebisa mungkin bernegoisasilah agar harga tersebut sudah termasuk Supir dan Bahan Bakar. Dan pastikan pula supir yang membawamu ke Teluk Kiluan hafal jalur menuju kesana, Jika ingin naik ojek anda juga harus memastikan ojek sudah hafal jalan menuju kesana, Tarif ojek ke Teluk Kiluan bervariasi, tergantung negosiasi yang pasti tidak semahal menyewa mobil.

Penginapan di Teluk Kiluan

Di Teluk Kiluan tidak ada hotel berbintang, harap kamu ingat itu. Namun tenang saja karena banyak pondokan yang terbuat dari kayu yang berubah fungsi jadi penginapan di Teluk Kiluan, dan ada juga penduduk sekitar yang menyewakan kamar sejenis Homestay.bertanyalah kepada warga sekitar tentang penginapan disana. harga Penginapan di Teluk Kiluan bervariasi mulai Rp. 150.000 sampai Rp. 500.000. Jangan lupa untuk selalu membawa P3K dan lotion anti nyamuk

Ada Apa Di Teluk Kiluan?

Eksotisme pantai di Teluk Kiluan sudah tidak di ragukan lagi, banyak yang wisatawan terbius dengan pemandangan alam di Teluk Kiluan, tidak hanya keindahan pantainya saja, aktivitas lumba-lumba di tengah laut Teluk Kiluan adalah salah satu alasan mengapa banyak orang ingin mengunjungi tempat ini.

Untuk bisa melihat atraksi lumba-lumba kamu bisa menyewa perahu (jukung) di sekitar bibir pantai, sebaiknya lakukan perjalanan pagi-pagi sekali karena lumba-lumba hanya muncul di pagi hari. Tarif sewa perahu biasanya sekitar 259 ribu rupiah, trip yang ditawarkan adalah melihat lumba-lumba dan mampir ke pulau di sekitar Teluk Kiluan.

Sekedar untuk menjaga keselamatan, jika kamu tidak bisa berenang sebaiknya gunakan jacket pelampung, harga sewa sekitar 15ribu rupiah

Sebaiknya datanglah ke Teluk Kiluan saat musim kemarau yaitu antara bulan Mei-Agustus, dan disarankan tidak pada bulan April karena pada saat itu sedang musim angin barat jangan sampai kamu kecewa karena lumba-lumba tidak akan muncul pada musim tersebut.

Logistik Untuk Ke Teluk Kiluan

Makanan harus dipersiapkan sejak kamu memulai perjalanan ke Teluk Kiluan, apalagi air mineral, karena perjalanan yang di tempuh cukup melelahkan, untuk urusan makan di sekitar Teluk Kiluan biasanya pengurus penginapan juga menyediakan makan pagi, siang dan malam, eeeiits tapi tidak gratis harganya sekitar 15 – 20 ribu rupiah.

Tags: , , , , , , , , ,