Menghamba Pada Pesona Pulau Berhala

Ku2h.com – Sebagai Negara kepulauan, Indonesia terbilang cukup luas. Bayangkan saja, jumlah pulau yang masuk ke dalam teritori Indonesia mencapai 8.172. Angka ini didapat dari hasil verifikasi yang dilakukan instansi terkait. Sebelumnya, Indonesia mengklaim memiliki pulau sebanyak 17.508. Nyatanya, angka tersebut terlalu tendensius dan tidak valid. Tapi apapun itu, bangsa kita memang diakui sebagai jagat maritim dengan daratan yang dipisahkan lautan. Artinya ada ribuan pulau di luar sana, menyimpan pesonanya dan siap kamu jelajahi. Pernah mendengar nama Pulau Berhala?

Pulau Berhala

Pulau Berhala

Jambi vs Kepulauan Riau

Jika didasarkan pada data Kementrian Perikanan dan Kelautan Indonesia, terdapat 2 pulau dengan nama Berhala di Indonesia. Nama yang ganda ini merupakan kecerobohan pemerintah kita. Di luar konteks tersebut, kedua pulau ini memang berada di garda luar dan tak berpenghuni. Jadi, kecerobohan nama tersebut belum juga dikoreksi sampai sekarang. Dengan demikian, saat mendengar nama Pulau Berhala, kamu harus tanggap dan memastikan apakah yang dimaksud Pulau Berhala Kepulauan Riau ataukah Pulau Berhala Medan Sumatera Utara? Jangan sampai kamu salah ya. Tapi kalau salah pun tak mengapa, sebab kedua pulau ini (baik di Jambi dan Medan) menyimpan kecantikannya masing-masing.

Kalau kamu menyempatkan untuk googling, boleh jadi masih banyak artikel yang memasukkan Pulau Berhala ke dalam wilayah administratif Provinsi Jambi. Hal ini tak sepenuhnya salah. Pulau Berhala, dahulu memang dimiliki Jambi. Namun setelah sengketa ini diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi per tanggal 21 Februari 2013, kini Pulau Berhala resmi dimiliki oleh Provinsi Kepulauan Riau.

Siap-siap Memuja Si Berhala!

Runyam juga ya soal kepemilikan ini. Kalau begitu, mari kita beralih pada keelokan si Pulau Berhala saja. Keindahan Pulau yang satu ini nyaris mitos. Kenapa? Karena sampai artikel ini ditulis, Pulau Berhala sebagai destinasi liburan masih belum populer. Keindahannya hanya bisa diperoleh dari cerita yang satu ke cerita lainnya. Jadi, bagi Anda yang suka tantangan, menyambangi Pulau Berhala akan memanjakan jiwa petualangan Anda. Kawasan wisata pulau yang dihuni beberapa keluarga ini memang kurang cocok dijadikan destinasi piknik keluarga. Rute menuju ke sana sangat menantang, cocok bagi mereka yang menyukai pesona alam liar.

Apa yang menarik di Pulau Berhala? Jika Anda sudah tiba pada pertanyaan ini, silahkan cermati daftar berikut:
Pantai dengan kombinasi pasir dan ombak cukup mudah kita jumpai di berbagai wilayah Indonesia. Pada satu titik, kamu juga akan bosan dengan pantai yang itu-itu saja. Kalau begitu, kenapa tidak mencoba keindahan pantai di Pulau Berhala? Pasir putih, desir ombak lembut serta bebatuan bekas vulkanik akan mengingatkan kamu pada pantai di dalam film Laskar Pelangi. Tapi hey, ini di Pulau Berhala! Bukan di Belitong sana.
Pulau Berhala

Pemandangan di Pantai Pulau Berhala

Pesona bawah laut di Pulau Berhala juga akan membuat kamu takjub. Konon terdapat lebih dari 22 jenis terumbu karang dan 11 jenis ikan karang di tempat ini. Lokasi Intertidal Coral Reef dan Karang Tengah ini cukup dekat yakni sekitar 200 meter dari bibir pantai. Bonus!

Selain wisata laut, kamu juga bisa menikmati pesona daratan di Pulau Berhala. Di bagian timur pulau ini, kamu bisa menjumpai tebing-tebing indah yang apik dijebak dalam kamera. Siapkan gadget kamu!

Untuk yang suka dengan jejak sejarah, berkunjung ke Pulau Berhala akan menambah pengetahuan kamu. Kenapa? Sebab di pulau ini terdapat signatur sejarah yakni makam Datuk Paduko Berhalo. Beliau seorang pengembara dari Turki yang menjadi raja Jambi di masa silam.

Tak hanya makam raja, di Pulau Berhala juga terdapat benteng peninggalan Jepang. Tak cukup sampai di situ, Pulau Berhala juga dilengkapi dengan mercusuar. Bagi kamu yang suka pesona pantai dengan mercusuar, berkunjung ke Pulau Berhala adalah pilihan tepat.

Bonus lagi? Di Pulau berhala terdapat sebuah sumur unik yang letaknya tak begitu jauh dari pantai. Meski demikian, sumur ini selalu saja tawar. Jadi saat berkunjung ke tempat ini, jangan cemas tak bisa bersih-bersih dan lain-lain.

Poin terakhir, kamu yang cinta pada penyu pasti akan bersorak gembira jika berkunjung ke Pulau Berhala. Di dekat pulau ini terdapat Pulau Penyu yang tentu saja dihuni banyak penyu. Menarik!

Nah, diam-diam kamu sudah mulai memuja keelokan si Berhala ini kan?

Perjalan ke Pulau Berhala dari Nipah Panjang

Rute Menuju Pulau Berhala
Tak cukup hanya memuja dari jauh. Sempatkan diri berkunjung ke pulau cantik ini! Meski belum populer, tapi rute menuju ke Pulau Berhala cukup mudah kok! Dan, meski terpencil, tapi penginapan di Pulau Berhala juga mudah dijumpai. Jadi, tunggu apa lagi? Silahkan simak rute berikut untuk mencapai si Pulau Berhala:

Jambi – Suak Kandis. Meski kini masuk ke dalam wilayah Provinsi Kepulauan Riau, tapi tak ada salahnya jika kamu yang dari luar kota memulai rute perjalanan dari Jambi. Sesampainya di kota ini, carilah mobil carteran menuju Suak Kandis. Dari sini kamu akan memulai perjalanan menuju Nipah Panjang. Waktu tempuh dari kota Jambi ke Suak Kandis kurang lebih 2 jam. Biaya yang dikeluarkan kurang lebih Rp. 15.000.

Suak Kandis – Nipah Panjang. Sesampainya di Suak Kandis, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Nipah Panjang dengan menggunakan Speedboat. Waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit. Tarifnya berkisar di angka Rp. 50.000. Angka ini bisa kurang bisa lebih, bergantung pada kemahiran kamu menawar. Perjalanan dari Suak Kandis ke Nipah Panjang ini menyimpan cerita sendiri. Sepanjang jalan kamu akan disuguhi pemandangan Sungai Batanghari yang elok. Air sungai ini berwarna coklat, menandakan kandungan lumpurnya yang tinggi.

Nipah Panjang – Pulau Berhala. Sesampainya di Nipah Panjang, kamu bisa beristirahat terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke Pulau Berhala. Menuju Pulau Berhala cukup dengan menyewa perahu, ada yang kecil dengan kapasitas 20 orang. Biayanya sekitar Rp. 1.500.000 pulang pergi. Jika rombongan, tak ada salahnya menyewa perahu besar yang dikenal dengan nama lokal Pongpong. Kapal ini memiliki kapasitas sampai 30 orang dengan biaya Rp. 2.000.000 pulang pergi.

Rute lain menuju Pulau Berhala sebenarnya bisa dimulai dari depan rumah jabatan Gubernur Jambi yang ada di tengah kota. Tak perlu lagi menuju titik Suak Kandis. Di depan rumah Gubernur Jambi, kamu bisa menyewa speedboat yang akan mengantarkan kamu langsung ke Nipah Panjang. Ongkosnya memang lebih mahal, yakni sekitar Rp. 60.000 per orang. Dari Nipah Panjang, bisa langsung ke Pulau Berhala.

Semburat Senja di Pulau Berhala

Sesampainya di Pulau Berhala, kamu bisa melakukan banyak aktifitas. Mulai dari snorkeling atau hanya sekedar leyeh-leyeh di bibir pantai. Jika malas pulang, kamu bisa menyewa penginapan sederhana di pulau ini kok! Alternatif lainnya yakni dengan membawa peralatan camping. Tapi pastikan tenda didirikan di titik yang tinggi, kalau tidak kamu bisa dimakan air pasang yang memang cukup tinggi. Jangan lupa bawa makanan yang banyak, sebab di Pulau Berhala harga makanan bisa dua kali lipat dari harga normal.

Bagi kamu yang suka memancing, tak ada salahnya menyewa perahu di Pulau Berhala dan mulailah hobi dengan riang gembira. Tahukah kamu, di wilayah laut Pulau Berhala dihuni banyak spesies ikan. Kalau kamu datang di waktu yang tepat, bukan tak mungkin berjumpa dengan kawanan lumba-lumba!

Bagi kamu yang hobi tracking, air laut yang surut akan memanjakan petualangan kamu sebab mau tak mau kamu harus memanjat batu karang di pantai pada saat air surut. Menantang! Selain tracking, saat air surut kamu juga bisa snorkeling sepuas-puasnya.

Konon waktu terbaik mengujungi pulau ini ada di antara Mei ke Oktober. Di waktu tersebut, ombak lebih jinak dan cuaca jauh lebih bersahabat. Untuk pengalaman yang lebih berkesan, sebaiknya datanglah bersama rombongan kawan atau kerabat. Selain menghemat budget, jauh lebih menyenangkan menikmati pulau sunyi ini beramai-ramai bukan? Siapkan ranselmu dan selamat bertualang di Pulau Berhala.

Tags: , , , , ,