Wisata Pulau Derawan, Surga Penyelam Di Kalimantan Timur

Ku2h.com – Indonesia kehabisan tempat eksotis untuk dikunjungi? Tidak akan. Iya tidak akan, karena sebagai negara kepulauan yang besar di dunia, Indonesia memang tidak pernah kehabisan tempat-tempat wisata baru untuk dieksplorasi. Pulau Derawan Di Kalimantan Timur adalah salah satunya.

Pulau Derawan Kalimantan Timur

Pulau Derawan Kalimantan Timur

Pasti di antara kamu sudah pernah mendengar nama pulau tersebut, atau malah mungkin kamu pernah berkunjung kesana dan menikmati keindahannya secara langsung. Hamparan laut biru yang jernih lengkap dengan panorama bawah lautnya tentu akan menjadi kenangan yang sangat sulit dilupakan untuk kamu yang pernah berkunjung ke sana,apalagi jika kamu sampai merasakan berenang bersama ubur-ubur atau ikan manta. Luar biasa bukan?

Pulau Derawan adalah surga tropis yang sempurna. Sinar Matahari yang hangat berpadu dengan pemandangan pantai pasir putih nan halus, pohon kelapa yang melambai, serta laut jernih yang berubah warna dari hijau ke biru kobal. Kehidupan bawah laut di sini luar biasa, kamu akan temukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless. Ikan Hiu Derawan di sini merupakan salah satu keragaman hayati yang berharga. Dengan kekayaan bawah lautnya maka tidak mengherankan apabila kemudian Derawan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata menyelam terbaik di dunia.

Berada tak jauh dari daratan Kabupaten Berau di Kalimantan Timur, kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau dan yang paling terkenal di antaranya adalah Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Di sini bersarang kura-kura hijau langka dan juga penyu sisik. Anda dapat menyaksikan setiap hari penyu bertelur di pasir atau berenang ke laut bersama kura-kura. Seluruh wilayah konservasi laut ini luasnya tidak kurang dari 1,27 juta hektar.

Wisata Ke Pulau Derawan

Wisata Ke Pulau Derawan

Untul melakukan perjalanan wisata ke Pulau Derawan sebenarnya tidak terlalu sulit. Tapi, bersiaplah untuk merogoh kocek dalam-dalam mengingat posisi Pulau Derawan yang berada di wilayah Indonesia bagian tengah dan bagian Timur. Apalagi harga bahan bakar disana cukup tinggi. Tapi tenang saja, kami tetap akan memberikan alternatif wisata murah ke pulau derawan, istilah kerennya Backpacking To Pulau Derawan 😀

Ada beberapa pintu masuk menuju Pulau Derawan yaitu, adalah Kota Tanjung Redeb Ibukota Kabupaten Berau dan Tarakan, dengan menggunakan pesawat udara. Namun, melalui Tarakan lebih efisien karena penerbangan langsung dari Jakarta atau Surabaya transit Balikpapan tersedia setiap hari dengan tiga maskapai : Lion Air, Sriwijaya Air dan Batavia Air. Penerbangan langsung juga tersedia dari Balikpapan-Berau yang dilayani oleh Kalstar, Batavia Air, dan Sriwijaya Air. Total penerbangan ke Tarakan dari 3 airline tersebut kurang lebih ada 14 penerbangan tiap hari dari Jakarta dan Surabaya, dengan jam yang berbeda sehingga kesempatan mendapat tiket murah meriah selalu tersedia. Musim libur Lebaran, Natal, Tahun Baru, dan libur sekolah merupakan hari hari sibuk di Pulau Derawan, dimana biasanya penginapan penuh. Ohya, bila beruntung, tiket pesawat Jakarta-Tarakan PP dapat diperoleh dengan harga Rp. 980.000 nett dengan Lion Air

Alternatif lain menuju Pulau Derawan adalah menyeberangi laut, darat, dan sungai dari Tarakan. Jalur ini cocok untuk kamu yang menyukai tantangan, ingin melihat kehidupan suku Dayak di pinggir sungai Kayan, dan aktifitas nelayan di laut. Tentu saja kamu harus memiliki dana lebih dan stamina berlimpah untuk menempuh jalur ini.

Menyelam Di Pulau Derawan

Menyelam Di Pulau Derawan

Berikut rute yang harus ditempuh

Tarakan – Tanjung Selor, tiket speed boat Rp.80.000, waktu tempuh 1,5 jam. Setibanya di Pelabuhan Sengkawit Tanjung Selor, banyak calo yang menawarkan trayek tujuan Tanjung Redeb, ibukota Kabupaten Berau. Tanjung Selor – Berau di tempuh 2 jam via darat lebih dengan harga Rp. 50.000, mobil Kijang tidak ber-AC. Setibanya di Berau, melalui terminal Tanjung Redeb yang berada di kota, rute dilanjutkan menuju Tanjung Batu, Ibu Kota Kecamatan Derawan, juga via darat dengan jarak tempuh 2 jam atau 115 KM, dengan biaya RP. 50.000 tergantung jumlah penumpang. Sepanjang perjalanan lintas Kalimantan bagian utara ini, infrastruktur jalan bisa dibilang lumayan dengan jalan aspal melewati hutan belantara, dan kampung suku Dayak. Setibanya di di Pelabuhan Tanjung Batu, dengan panjang jembatan 250 meter, satu-satunya alat transportasi publik yang tersedia adalah mini speed boat dengan kapasitas maksimal 5 orang. Harga sewa speed boat ini adalah Rp. 250.000 sekali jalan (Anda bisa menunggu orang lain yang mau kesana dan sharing). Jarak tempuh Tanjung Batu – Pulau Derawan adalah 30 menit dengan laut yang sangat jernih dengan komposisi biota laut yang khas Indonesia Timur. (Harga tersebut diatas adalah harga tahun 2009).

Mengatur hari keberangkatan adalah sangat penting untuk memastikan jadwal kapal ke Pulau Derawan dari Tarakan pas dengan perjalananmu. Hanya ada satu operator kapal travel yang melayani rute Tarakan-Derawan PP, dengan harga paket per orang tergantung akomodasi dengan harga termurah Rp. 600.000 hanya transportasi kapal saja. Biasanya paket pantas bagi backpacker adalah paket Rp. 800.000, sudah termasuk akomodasi, penginapan, makan 3 x sehari, dan transportasi PP. Kapal cepat bermesin 3 dengan total 600 horse power kapasitas 40 orang, berangkat ke Derawan tiap hari Jumat jam 12, pulang hari Minggu jam 12.00. Harga paket tersebut biasanya meliputi akomodasi hotel, asuransi, makan, snorkling, tur pulau Sangalaki, Kakaban dan Maratua. Lama perjalanan ke Pulau Derawan dalam keadaan cuaca normal bisa ditempuh dalam waktu 3 jam. Jadi, anda bisa berangkat dari Jakarta hari Kamis dan pulang hari Senin, tergantung jadwal kamu. Untuk akomodasi lokal di Kota Tarakan, ada banyak penginapan backpacker dari Rp. 150.000 hingga Rp. 250.000. Atau ingin yang lebih nyaman, ada Swissbel Hotel.

Hotel Di Pulau Derawan

Hotel Di Pulau Derawan

 

Penginapan Di Pulau Derawan

Penginapan Di Pulau Derawan

Setelah tiba di Pulau Derawan, kamu bisa memilih tipe akomodasi yang kamu inginkan sesuai bujet dan keinginan kamu. Meskipun jumlah cottage masih terbatas, tapi ada lebih dari 100 rumah warga yang dijadikan penginapan atau homestay untuk turis.

Selama berada di Pulau Derawan, kamu bisa berenang dan snorkeling sambil melihat terumbu karang yang indah dengan ratusan ikan warna-warni. Jika kamu beruntung, kamu bisa melihat penyu berukuran besar yang sudah berusia puluhan tahun. Memang, Derawan menjadi tempat favorit penyu-penyu hijau untuk naik ke pasir pantai dan bertelur, terutama sepanjang Juli-September. Kamu bisa mengunjungi konservasi penyu di Sangalaki.

Jangan lupa untuk datang ke Pulau Kakaban yang merupakan destinasi populer di Derawan karena pulau ini sangat unik dan eksotis, Tidak percaya? Coba perhatikan saja Pulau Kakaban dari foto udara. biasanya, sebuah pulau berupa daratan luas. Namun tidak dengan Pulau Kakaban. Daratannya hanya seperti dinding pembatas sebuah danau raksasa di tengahnya. Danau ini merupakan danau purba yang terbentuk dari proses geologi jutaan tahun lalu.

Manta Ray Di Pulau Derawan

Disini kamu bisa berenang bersama ikan manta Ray atau ikan pari. Ikan ini bisa berada dekat sekali dengan penyelam tanpa merasa terganggu. Jika kamu beruntung, kamu akan bertemu dengan manta ray raksasa sepanjang enam meter.

Tak kurang dari sembilan titik penyelaman (diving point) ada di Pulau Kababan ini. Delapan diantaranya ada di sisi luar pulau menghadap laut dan satu di sisi ada di dalam pulau berupa danau. Di sisi luar pulau kondisinya lebih mirip dengan penyelaman di laut lepas dan boleh jadi hiu biru akan menghampiri kamu. Sedang di danaunya, kamu bisa menemukan ubur-ubur (jelly fish) tanpa sengat, sehingga kamu akan aman untuk snorkeling bersama ubur-ubur tersebut. Pesan saya, jangan memakai tabir surya dan fin saat kamu snorkling di sana, karena zat kimianya bisa mengganggu habitat ubur-ubur.

Sembilan titik penyelaman di Pulau Kakaban adalah North Face, The Draft, Divers Delight, Rainbow Run, The Plateau, The Wall, Cabbage Patch, Barracuda Point, dan Jelly Fish lake. Perlu kamu ketahui, Pulau Kakaban merupakan lingkungan laut eksepfora. Pulau ini muncul ketika jaman Holosen, sekitar 19000 SM telah menjebak 5 kilometer persegi air laut. Air laut ini terjebak dalam 50 meter punggungan, mengubah daerah tersebut tampak seperti daratan-laut-danau. Tempat lain yang mirip seperti ini hanya Pulau Mikronesia yang lebih dominan seperti padang pasir .

Beberapa spesies aneh dan hewan khas layak untuk kamu diamati di kedalaman danau. Perjalanan selama ribuan tahun, membuat adaptasi menjadi sebuah ekosistem yang sangat unik untuk sebuah lingkungan air payau. Danau yang penuh dengan sedikitnya 4 jenis ikan jelly stingless termasuk salah satu yang terbaik jenis Cassiopea (Cassiopea Xamachana).

Ubur-Ubur Tanpa Sengat Pulau Kababan

Sekitar tiga spesies alga hijau Halimeda menutupi dasar danau pulau Kakaban dan akar mangrove hidup berdampingan dengan tunicates, spons, cacing tabung, bihalves, krustasea, anemon, mentimun laut, ular laut dan sedikitnya lima species ikan gobi. Banyak juga spesies tak dikenal berada dalam kelimpahan. Seorang peneliti Dr Thomas Tomascik dari Kanada menyebut Kakaban sebagai surga biota laut.
Selain itu, masih ada Pulau Maratua yang sangat menggoda untuk dijadikan lokasi snorkeling.

Untuk kamu pecinta makanan laut, Derawan tentu menjadi surga bagi kamu karena di sini tersedia beraneka ragam seafood seperti ikan kima, sotong hingga kepiting. Harga seafood di Derawan sebenarnya cukup murah. Tapi karena harga beras yang terbilang tinggi membuat harga makanan di Derawan cukup mahal.

Jangan lupa juga membawa perlengkapan memancing jika kamu hobi dengan aktifitas tersebut, karena kamu pasti akan menyesal ketika datang tanpa membawa peratalan memancing di Pulau yang merupakan Surganya Pemancing

Tags: , , , , , , , ,