4 Alasan Mengapa Harus Membatasi Asupan Gula

4 Alasan Mengapa Harus Membatasi Asupan Gula – Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan memang tidak baik, dalam hal ini bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah mengonsumsi gula dalam kehidupan sehari-hari. Meski rasa manis dari gula terkenal membuat semua makanan ataupun minuman menjadi lebih enak, namun tidak dibenarkan jika kita mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini karena gula dapat memicu berbagai jenis penyakit berbahaya, yang bisa menyerang kesehatan tubuh. Karenanya, sangatlah bijak jika kita mulai mengontrol dan membatasi asupan gula setiap harinya.

Asupan Gula Per Hari

Asupan Gula Per Hari

Adapun hal-hal lainnya yang menjadi alasan mengapa kita harus membatasi asupan gula adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Resiko Penyakit Diabetes
Salah satu penyebab utama dari penyakit Diabetes adalah kadar gula darah yang terlalu tinggi, sehingga mempengaruhi kinerja insulin dalam mengontrol kolesterol berlebih. Meningkatnya kadar gula darah sering terjadi karena anda terlalu sering mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat, dan mengandung banyak kalori.

2. Mempengaruhi Kadar Kolesterol
Alasan selanjutnya adalah gula dapat mempengaruhi kadar kolesterol HDL ( kolesterol baik ) dalam tubuh menjadi menurun bila dikonsumsi secara berlebihan. Efek negatif bila hal tersebut terjadi adalah kadar Trigliserida dalam darah menjadi naik dan akan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung. Memilih makanan atau minuman yang rendah gula adalah solusi terbaik jika anda tidak ingin terserang penyakit jantung.

3. Membuat Tubuh Merasa Cepat Lelah
Walapun gula dapat memberikan energi secara instan, namun hal tersebut tidak akan berlangsung lama, karena setelah mengonsumsi gula tubuh anda akan lebih cepat lelah dan merasa ngantuk. Fakta ini terjadi sebab gula membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh manusia. untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya anda mulai membatasi asupan gula setiap harinya.

4. Menurunkan Daya Penglihatan
Kaburnya daya penglihatan yang terjadi secara tiba-tiba mungkin juga disebabkan karena anda memiliki kadar gula darah yang terlampau tinggi. Hal ini biasanya dialami oleh para penderita diabetes, karena kadar gula darah yang tinggi diketahui membuat lensa mata menjadi membengkak dan mempengaruhi ketajaman optik. Bila anda pernah mengalami kondisi ini, sebaiknya jangan dibiarkan dan segera konsultasikan dengan dokter di rumah sakit atau klinik terdekat.

Tags: , , , ,