4 Efek Samping Dari Pil KB Yang Wajib Anda Ketahui

4 Efek Samping Dari Pil KB Yang Wajib Anda Ketahui – Pil KB biasanya sering dimanfaatkan oleh kaum wanita untuk mengendalikan kehamilan. Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah, mengonsumsi pil KB memang sah-sah saja. Namun sebelum memutuskan, anda harus tahu dulu apa saja tujuan dan manfaat, serta efek samping dari pil KB. Berkonsultasi dengan dokter merupakan langkah yang tentunya harus anda lakukan, agar nantinya tidak timbul kekhawatiran atas masalah atau reaksi yang terjadi. Berkaitan dengan efek samping dari pil KB, berikut kami berikan informasi selengkapnya mengenai hal tersebut, diantaranya adalah :

Efek Samping Pil KB

Efek Samping Pil KB

Efek Samping Mengonsumsi Pil KB :

1. Sakit Kepala
Ketika anda dalam tahap awal mengonsumsi pil KB, maka efek samping yang sering dirasakan kaum wanita diantaranya adalah sakit kepala dan kadang mual. Karenanya, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi pil KB sesuai aturan dokter, dan dilarang berlebihan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Mempengaruhi Emosi
Pil KB bekerja dengan mengatur hormon kelahiran pada wanita, agar hormon estrogen dan progesteron pada jumlah yang aman, untuk mencegah terjadinya kehamilan. Karena hal inilah, efek samping lainnya dari mengonsumsi pil KB pada wanita adalah dapat mempengaruhi emosi. Emosi yang tidak stabil bahkan cenderung murung akan dirasakan akibat meningkatnya jumlah kedua hormon yang telah disebutkan di atas.

3. Pendarahan Abnormal
Efek samping selanjutnya saat 3 bulan awal anda mulai mengonsumsi pil KB adalah mengalami bercak pendarahan abnormal. Hal ini memang suatu reaksi yang normal, mengingat hormon buatan yang terdapat dalam pil KB juga bisa menyebabkan emosional yang tidak stabil, seperti perasaan murung, lelah, dan pusing.

4. Nyeri Pada Bagian Payudara
Untuk efek samping yang satu ini, sebaiknya anda periksakan atau tanyakan pada dokter, karena bisa saja nyeri pada payudara menimbulkan gangguan kesehatan lainnya yang lebih serius. Nyeri atau sakit pada area payudara sesaat setelah mengonsumsi pil KB sebenarnya wajar terjadi, namun bila hal ini terus berlangsung dalam jangka waktu yang lama, terlebih menimbulkan gejala lainnya seperti sakit pernapasan, tekanan darah tinggi, penglihatan buram, hingga sakit peruh parah, maka hal tersebut perlu segera anda periksakan ke dokter.

Tags: , , , , ,