4 Dampak Negatif Dari Begadang Yang Wajib Anda Ketahui

4 Dampak Negatif Dari Begadang Yang Wajib Anda Ketahui – Begadang merupakan suatu kegiatan yang sering dilakukan banyak orang, baik itu karena disengaja maupun karena alasan yang lainnya. Kebiasaan begadang paling banyak dilakukan oleh kaum pria, terutama mereka yang gemar menonton sepak bola secara live di televisi atau gila kerja ( workaholic ). Padahal, kebiasaan ini dapat menimbulkan berbagai dampak negatif yang berbahaya dan merugikan bagi kesehatan tubuh kita. Untuk lebih jelasnya, berikut kami berikan informasi mengenai Dampak Negatif Dari Begadang Bagi Kesehatan Tubuh, diantaranya adalah :

Dampak Negatif Begadang

Dampak Negatif Begadang

1. Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung
Menurut hasil sebuah penelitian yang pernah dimuat dalam laman Jurnal Sleep,orang yang sering begadang atau tidurnya kurang dari 7 jam setiap harinya, diketahui memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi daripada mereka yang cukup tidur. Selain itu, wanita dengan usia dibawah 60 tahun juga beresiko tinggi hingga 2 kali lipat terserang penyakit jantung, apabila tidurnya hanya 5 jam per hari.

2. Meningkatkan Resiko Diabetes
Para ahli kesehatan dari Universitas Chicago dan Northwestern menemukan fakta jika kurang tidur dapat menyebabkan kenaikan gula darah hingga 9 persen pada penderita diabetes tipe 2 . Lebih parahnya lagi, bagi mereka yang sering mengalami insomnia, para peneliti tersebut mengatakan jika resiko dirinya terkena penyakit diabetes dapat meningkat hingga 23 persen.

3. Dapat Memicu Kanker Payudara
Penelitian mengenai dampak negatif dari begadang juga pernah dilakukan di Jepang. Penelitian tersebut mengambil objek dari sekitar 24.000 wanita yang berusia antara 40 – 79 tahun. Hasilnya, wanita yang tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya, memiliki tingkat resiko terhadap penyakit kanker payudara yang sangat tinggi mencapai 62 persen.

4. Memperparah dan Meningkatkan Resiko Kanker Usus Besar
Masih dari hasil sebuah penelitian, kali ini dari Case Western University menyebutkan jika mereka yang tidurnya kurang dari 6 jam setiap malamnya juga sangat beresiko terkena kanker usus besar. Bagi penderita penyakit ini, begadang bahkan dapat memperparah kondisi usus besar dan meningkatkan resikonya hingga 47 persen.

Tags: , , ,